Wicaksono Wisnu Legowo Sutaradara Film TURAH Raih Best Director ASEAN Film Awards 2017

0
16

POSFILM.COM – Untuk para seniman, Indonesia merupakan negara yang kaya akan sumber ide, sumber inspirasi bagi para seniman, termasuk mereka yang bergelut di dunia (industri) perfilman. Hal ini semakin dibuktikan oleh keberhasilan film ‘Turah’ yang semakin mendapat pengakuan dari dunia.

Sutradara film ‘Turah’, Wicaksono Wisnu Legowo berhasil meraih penghargaan Best Director di ajang ASEAN Film Awards, yang diadakan dalam rangkaian ke-20 Vietnam Film Festival di Trung Vuong Theater, Da Namg, Vietnam, 28 November 2017.

Wisnu, yang asli asal Tegal, mengalahkan 2 sutradara lainnya yang masuk ke dalam nominasi ini, yakni Mikhail Reid dari Filipina untuk film ‘Birdshot’, dan K.Rajagopal dari Singapura untuk film ‘A Yellow Bird’.

Film ‘Turah’ juga dalam ajang ini berhasil masuk dalam 2 kategori nominasi lainnya, yakni Best Actor dan juga Best Movie. Untuk gelar Best Actress diraih oleh Mary Joy Apostol (Filipina/Birdshot), Best Actor diraih Sivakumar Palakhrisnan (Singapura /A Yellow Bird), dan Best Movie diraih film A Yellow Bird (Singapura)

Film ‘Turah’ sebelumnya sudah memperoleh berbagai penghargaan baik tingkat nasional maupun internasional. Bahkan film ini pun terpilih mewakili Indonesia di ajang Oscar 2018.

Baca Juga: Film Turah Terbang ke Ajang Oscar 2018

 

Film ‘Turah’ fokus ceritanya tentang kehidupan warga Kampung Tiram berjuang melawan kemiskinan. Sebuah kampung yang terisolasi di Tegal, pesisir Pantai Utara, kampung mereka dikuasai oleh pemilik modal. Sejumlah warga pun meneriakkan berbagai ketidak adilan yang dirasakannya setelah tinggal di kampung itu selama belasan tahun.

Baca Juga: Sinopsis Film Turah (2017): Realita Sosial Kehidupan Masyarakat Kelas Bawah

ASEAN Film Awards dengan tema “Cinema Connect the ASEAN Community” untuk pertama kalinya diselenggarakan di Vietnam, dalam rangka memperingati ilang tahun ASEAN yang pada tahun ini memasuki usia ke-50.

Tujuan utamanya adalah untuk memperkenalkan film-film terbaik dari 10 negara anggota ASEAN serta menegaskan kembali peran industri perfilman dalam memperkuat persahabatan masyarakat ASEAN

Kesepuluh film dan 10 negara ASEAN diantaranya adalah;

Descendant (Brunei Darussalam), Benevolence of Contemporary (Kamboja), Swan Lifts Turtle (Laos), Adrift (Malaysia), Angel of Eden (Myanmar), Birdshot (Filipina), A Yellow Bird (Singapura), By the Time It Gets Dark (Thailand), Hello Vietnam (Vietnam), dan Turah (Indonesia). []

Sumber: Liputan6.com (Judul: Sutradara Film Turah Sabet Best Director ASEAN Film Awards 2017)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here