Sinopsis Film BANDA THE DARK FORGOTTEN TRAIL (2017): Sejarah Perseteruan Bangsa-Bangsa Karena Rempah Pulau Banda

POSFILM.COMBanda The Dark Fogotten Trail merupakan film nasional yang disutradarai oleh Jay Subyakto, dan naskah filmnya ditulis oleh Irfan Ramli, untuk rumah produksi Lifelike Pictures yang diproduseri Sheila Timothy.

Film ini akan bercerita hasil bumi Indonesia berupa rempah-rempah (cengkeh dan Pala), khususnya di Pulau Banda penghasil pala terbaik yang terkenal hingga ke Benua Eropa dan Amerika. Sejarah rempah-rempah inilah sebagai landasan cerita Banda The Dark Forgotten Trail.

Walaupun Banda The Dark Forgotten Trail merupakan film layar lebar pertama yang disutradarai Jay Subyakto, -Jay memang lebih dikenal biasa menyutradarai pertunjukan musik, video klip, dan penata artistik-, namun Jay Subyakto menjanjikan kualitas visual yang sangat bagus dengan keindahan alam Indonesia Timur dan situs-situs sejarah yang menarik, juga iringan alunan lagu yang akan memanjakan mata dan telinga penonton.

Film ini pun tak hanya bercerita tentang perdagangan rempah-rempah. Ada pula dampak dari perseteruan untuk menguasai rempah-rempah yakni peristiwa genoside di Banda. Bahkan film ini juga akan menceritakan banda sebagai tempat awal kolonialisme di Indonesia dan awal nasionalisme saat empat founding fathers Indonesia di buang ke pulau tersebut.

Film Banda The Dark Forgotten Trail rencananya akan ditayangkan pada 31 Juli 2017. Tanggal tersebut bertepatan dengan peringatan 350 tahun Perjanjian Breda. Sebuah perjanjian yang berisis penyerahan Pulau Rhun di kepulauan Banda dari Inggris ke Belanda yang ditukar dengan Manhattan dan New York.

Sinopsis Film

Film Banda The Dark Forgotten Trail  kisahnya bercerita di abad pertengahan, dimana segenggam pala di pasar Eropa dianggap lebih berharga dari seperti emas. Monopoli bangsa Arab dan perseteruan dalam perang salib membawa Eropa ke dalam perburuan menemukan pulau-pulau penghasil rempah.

Perseteruan bangsa-bangsa terjadi akibat rempah-rempah. Kepulauan Banda yang saat itu menjadi satu-satunya tempat pohon-pohon pala tumbuh, menjadi kawasan yang paling diperebutkan. Belanda bahkan rela melepas Nieuw Amsterdam (Manhattan, New York) agar bisa mengusir Inggris dari kepulauan tersebut.

Pembantaian massal dan perbudakan pertama di Nusantara terjadi di Kepulauan Banda, sebuah semangat kebangsaan dan identitas multicultural lahir menjadi warisan sejarah dunia.

Detail Cast and Crew Film BANDA THE DARK FORGOTTEN TRAIL (2017)

BANDA THE DARK FORGOTTEN TRAIL (2017)-pf-2

Jenis Film : Feature Documentary

Durasi : 115 menit

Negara Asal : Indonesia

Sutradara : Jay Subyakto

Penulis Naskah : Irfan Ramli

Produser : Sheila Timothy, Abdul Aziz

Produksi : Lifelike Pictures

Pemain : Reza Rahadian, Ario Bayu

Rilis : 31 Juli 2017

Official Trailer – Film BANDA THE DARK FORGOTTEN TRAIL

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *