Pertama dan Satu-Satunya di Asia Tenggara, Indonesia Gelar Festival Film Dokumenter Bertajuk Docs By The Sea

0
26

POSFILM.COM – Menjadi tonggak sejarah baru festival film di Asia Tenggara, yakni Indonesia melalui Badan ekonomi Kreatif yang bekerjasama dengan In-Docs akan menggelar Festival Film Dokumenter se-Asia Tenggara yang akan diselenggarakan di Bali, Indonesia, 23-30 Agustus 2017.

In-Docs adalah sebuah organisasi nirlaba yang memiliki kepedulian dan fokus pada film dokumenter Indonesia. Film dokumenter Indonesia memang terkesan kurang diperhatikan dan kurang mendapat dukungan dari pemerintah dan para pemangku kepentingan. Sineas film dokumenter Indonesia kurang memiliki jaringan dengan sineas-sineas dokumenter dari dalam negeri maupun dari negera lain.

Atas dasar itulah In-Docs menyelenggarakan Festival Film Dokumenter bahkan dengan level se-Asia Tenggara. Event inipun bertajuk Docs by the Sea, dan pesertanya ti8dak sebatas Asia Tenggara.

Docs by the Sea memiliki tujuan yang sederhana saja namun mengangkat perfilman dokumenter Indonesia dan Asia Tenggara. Event ini bertujuan menghubungkan film-film dokumenter Indonesia dengan industri internasional yang infrastrukturnya jauh lebih memadai dan terbangun.

Docs by the Sea akan fokus pada film dokumenter dan para pembuat film serta unsur-unsur terkait pemangku kepentingan.

Docs by the Sea akan diikuti oleh 39 peserta dari 19 negara. Para peserta ini berasal dari berbagai kalangan, yakni lembaga pendanaan, jaringan televisi international, pitching forum international, web platform, distributor, Film Festival International, produser independen, dan filantropi.

Pada event ini 10 proyek film dokumenter Indonesia, 15 proyek dari Asia Tenggara (Singapura, Filipina, Thailand, Kamboja, Myanmar, Vietnam dan Malaysia) dan 5 proyek dari India, Korea Selatan, Taiwan, Belanda, dan Iran akan mempresentasikan ide mereka dalam pitching forum, dihadapan para pemangku kepentingan tersebut.

Adanya Pitching forum ini akan membuka potensi bagi para sineas dan hadirin untuk berkolaborasi, baik itu memberi pendanaan, membuka pintu distribusi, mentorship, atau hal-hal lainnya yang mendukung proses produksi dan distribusi film dokumenter.

“Forum internasional semacam ini sangat penting bagi sineas film dokumenter. Pasalnya, ini adalah kali pertama sineas film dokumenter Asia Tenggara akan disorot secara penuh dalam forum internasional yang melibatkan sejumlah pemangku kepentingan,” tutur Direktur Programa In-Docs, Amelia Hapsari saat jumpa pers Docs by the Sea di @america, Pasific Place, jakarta Selatan, Senin (14/8/2017)

“Beberapa film dokumenter Indonesia bisa masuk ke festival film internasional. Tapi ketika nggak ada dana, para film maker sangat berjuang untuk menjadikan filmnya unggul seperti film lain. Docs by the Sea adalah terobosan yang sangat baik,” tandas Amerlia.

Mengikut sertakan negara Asia Tenggara lainnya, membuat Indonesia sebagai tuan rumah Docs by the Sea semakin menarik dan dihargai, ditambah pula forum film dokumenter internasional ini merupakan yang pertama dan satu-satunya di Asia Tenggara, dan terfokus pada pendanaan serta distri film dokumenter.  []

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here