Perankan Kartini, Dian Sastro Kagumi Pemikiran Sang Pejuang Emansipasi

0
9

 

POSFILM.COM – Artis peran Dian Sastrowardoyo terpilih untuk memerankan karakter R.A. Kartini dalam film biopik garapan Hanung Bramantyo, “Kartini”.

Tak hanya berperan, Dian mengaku amat mengagumi sosok tersebut. Dian menuturkan, demi mendalami perannya itu, ia banyak mendapat rujukan serta gambaran tentang sosok Kartini dari surat dan tulisan Kartini.

“Saya ingin share betapa dalam proses mendalami karakter ini, saya sangat terinspirasi dengan tulisan beliau,” tutur Dian pada POSFILM  dalam konferensi pers peluncuran film tersebut, di Djakarta Theater XXI, Jakarta, Kamis (14/7/2016).

Dian mengaku tak menyangka bahwa tulisan-tulisan sang pejuang emansipasi wanita Indonesia, R.A Kartini tersebut merupakan kesimpulan dari ide-ide dan pemikirannya selama ini.

Berita Terkait : Tiga Persiapan Utama Dian Sastrowardoyo Dalami Peran Kartini

Dalam konferensi tersebut, di depan awak media, Dian pun membacakan kutipan kegemarannya dari tulisan asli Raden Ajeng Kartini.

“Dan siapakah yang lebih dapat berusaha memajukan kecerdasan budi itu?

Siapakah yang dapat membantu mempertinggi derajat budi manusia ialah perempuan, ibu. Karena pada hari ba’ansi ibu itulah manusi itu mendapat didikannya yang mula-mula semulanya sekali.

Karena disanalah akal anak itu merasa berpikir, berkata dan didikan yang pertama-tama sekali pasti dapat terpengaruh bagi kehidupan seseorang,”

Dian menuturkan dirinya memang melahap habis berbagai literatur seputar Kartini, mulai dari buku karangan Pramoedya Ananta Toer, serial buku Tempo berjudul “Gelap Terang Hidup Kartini” hingga tulisan berhasa Inggris ” Complete Writing of Kartini”.[]

 

Baca Juga :

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here