Pafindo Gelar Acara Penggalangan Dana #Peduli Palu

PAFINDO Peduli Palu_20181021_085332_foto Merwyn_pf1

POSFILM.COM Bencana gempa bumi dan tsunami di Palu, Sigi dan Donggala dengan kekuatan 7,4 skala richter pada Jumat 28 September 2018 lalu, meninggalkan luka yang mendalam bagi warga setempat. Musibah yang terjadi tersebut menjadi perhatian bagi warga negara Indonesia tanpa terkecuali bagi para selebriti tanah air yang merasa terpanggil untuk memberikan bantuan tenaga, moril maupun materiil kepada masyarakat kota Palu, Sigi dan Donggala.

Sejumlah artis yang tergabung dalam Perkumpulan Artis Film Indonesia, PAFINDO bersama dengan Yayasan Garuda, dan didukung Pusat Pengembangan Perfilman, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menggelar ‘Aksi Selebriti Berbagi Peduli Palu’, yakni penggalangan dana bagi korban gempa dan tsunami Donggala dan Palu, di halaman Kemendikbud, Jalan Jendral Sudirman, Jakarta, Minggu (21/10/2018) pagi.

Aksi yang digelar bertepatan dengan Car Free Day tersebut telah dimulai sejak pukul 7 pagi, diisi pula dengan acara senam zumba, live musik dan bazar barang artis. Dalam sambutannya, Ketua PAFINDO, RMH. Bagiono Prabowo, SH, MBA mengatakan menggelar acara ini karena turut merasa prihatin pada apa yang menimpa saudara-saudara kita atas terjadinya gempa dan tsunami di Donggala dan Palu .

PAFINDO_Selebriti Peduli Palu_pf

Bagiono yang akrab sapa Gion ini mengungkapkan untuk gelaran acara ini mengerahkan seluruh anggota Pafindo untuk ikut serta dalam penggalangan dana. “Persiapannya cukup singkat tidak lebih dari 10 hari, beberapa artis yang kami datangi sangat merespon baik mendukung acara ini, mereka pun memberikan barang-barang-nya untuk dijual pada bazzar acara ini,” ujar Gion.

Ketua Pelaksana Acara ini, Gerry Iskak mengamini apa yang dikatakan Gion. “Sebagai wujud kepedulian terhadap saudara-saudara kita di Palu, Pafindo berupaya membantu meringankan beban mereka,” tambah Gerry.

Salah satu artis senior yang hadir di acara ini, Elma Theana menuturkan pernah turun langsung ke daerah terkena gempa di Lombok. Dirinya merasakan betapa sulitnya menjalani kehidupan keseharian saudara-saudara kita yang terkena gempa.

“Kita tidak terlalu merasakan, tidak begitu terasa sentuhan emosinya bila hanya menyaksikan lewat televisi. Namun, saat saya turun langsung maka betapa sedihnya melihat kehidupan mereka. Saat di sana ikut merasakan betapa perlunya mereka akan uluran tangan dari kita,” papar Elma.

Gion, Elma, Gerry dan juga Wati Siregar ibunda Elma Theana yang turuk hadir dalam acara ‘Aksi Selebriti Berbagi Peduli Palu’ ini sepakat mengatakan acara sosial seperti ini bukanlah yang pertama dan satu-satunya yang pernah dilakukan Pafindo.

PAFINDO Peduli Palu_20181021_101123_foto Merwyn_pf2

Menurut Gion, kegiatan sosial Pafindo juga membantu para aktor tua dan sudah tidak berpenghasilan. “Kami juga ke panti-panti jompo yang berlatar belakang bukan artis, dan membantu yayasan yang mengasuh dan mendidik anak-anak yatim.”

Terkait teknis penyerahan hasil ‘Aksi Selebriti Berbagi Peduli Palu’, Gion menjelaskan ada beberapa cara. “Kita bisa bekerjasama dengan lembaga sosial atau bisa melalui TNI, atau juga kami berangkat langsung ke Palu.”

“Pastinya dari hasil yang sudah terkumpul pada hari ini, sekitar 20 juta rupiah, ditambah dengan bantuan lainnya yang telah terkumpul sebelumnya, akan diserahkan pada tanggal 24 mendatang. Kami sudah berkoordinasi dengan panitia daerah untuk penyerahan sumbangan ini. Kami juga sudah menghubungi Wakil Wali Kota Palu, Pasha Ungu,” pungkas Gerry. []

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *