Nadine Chandrawinata Cinta Lingkungan dan Menikmati Tantangannya

0
9

POSFILM.COMNadine Chandrawinata  termasuk salah satu artis Indonesia yang concern terhadap lingkungan sosial dan alam. Tak jarang, kegiatan gadis kelahiran Hannover, Jerman, 8 Mei 1984 sebagai pencinta lingkungan membuatnya memiliki cara sendiri untuk berjuang mengkampanyekan lingkungan.

Salah satu caranya adalah dengan hanya memegang tiga jenis barang berbahan plastik dalam satu hari. Aturan itu diterapkan sebagai bagian program diet penggunaan plastik yang dijalaninya.

Nadine hanya menggunakan barang plastik seperti botol minuman, kantong plastik, atau sedotan sebisa mungkin maksimal tiga buah dalam sehari. Nadine yakin bahwa komitmen ini bisa membantunya mengurangi bahan plastik dan berlanjut dengan komitmen untuk tidak menggunakannya sama sekali.

“Kemarin saya ketemu temen, pada saat lagi di kapal menuju balik. Dia bilang ke saya, sehari cuma boleh pegang tiga plastik’,” kata Nadine di kawasan Jakarta Selatan, pekan lalu.

Tantangan itu diterimanya karena mengajak disipilin untuk mengurangi sampah plastik. “Kalau lebih, artinya gagal dan kalah sama komitmen. Nah saya mencoba menerapkan itu dalam hidup saya sekarang. Sebisa mungkin sehari tidak mengggunakan plastik. Misal kalau lagi di restoran kita tidak pakai sedotan. Kalau ada sedotan berbahan bukan plastik, oke. Berani bilang tidak, itu komitmen untuk menjaga lingkungan,” ujar Nadine yang kini menggeluti hobi barunya bersepeda.

Sebagai seorang perempuan yang dekat dengan alam, hobinya bersepeda dirasa Nadine, merupakan salah satu sarana untuk lebih mendekatkan diri dengan alam. Bersepada di alam bebas ternyata Nadine tidak bebas dari luka yang menggores di kulitnya yang putih.

“karena di alam bebas tanahnya juga tidak selalu rata dan banyak pepohonan, saya pernah terjatuh, terkena ranting yang tajam, dan cuaca yang terkadang tidak bersahabat. Tapi, saya menikmatinya. Karena itulah tantangannya,” tegas Nadine.  [PF /Didang P. Sasmita]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here