Mistik Bali dalam Film Leak, Kajang Kliwon

Produser Lucas Aspari beserta crew dan pemain, pada acara selamatan produksi film "Leak (Kajang Kliwon)” di kawasan Sahid City, Kamis (25/10/2018) di Jakarta [Foto: PF/ Didang]

POSFILM.COM Penonton film Indonesia sedang gandrung  tontonan film bergenre horor. Kondisi ini memberi peluang para sineas untuk mengkreasi dan memproduksi film horor dengan berbagai khasanah cerita yang dikenal masyarakat Indonesia.

Seperti yang dilakukan oleh sutradara Bambang Drias yang menggandeng rumah produksi Applecross Production untuk memproduksi film bergenre horor dengan setting dan latar kisah etnik Pulau Dewata.

“Mohon dukungannya, saat ini kami sedang mempersiapkan produksi film horor berlatar etnik Bali, yang sejak masa kebangkitan film nasional belum pernah dibuat lagi”, kata produser Lucas Aspari, pada acara selamatan produksi film “Leak (Kajang Kliwon)” di kawasan Sahid City, Kamis (25/10/2018) di Jakarta.

Sederet artis ternama ikut terlibat dalam pembuatan film mistis ini seperti Indah Kalalo, Amanda Manoppo, Christ Laurent, Muthia Datau dan lainnya, yang akan digarap oleh sutradara Bambang Drias, yang dikenal cukup berpengalaman membuat film horor.

“kami mengambil set lokasi film ini di sejumlah tempat yang sangat disakralkan masyarakat Ubud, untuk keperluan itu, kami meminta ijin untuk memindahkan satu desa ke desa lainnya kepada raja Bali,” kata Bambang Drias.

Film ini, mengangkat cerita tentang sosok Rangda (ratu para Leak dalam mitologi Bali) yang dipercaya sering menculik dan memakan anak kecil dan memimpin pasukan nenek sihir jahat melawan barong simbol kekuatan baik, dan akan memulai syuting pada 30 November 2018 di tiga daerah di Bali.

Menurut Lucas Aspari, produksi film Leak (Kajang Kliwon), akan melibatkan ratusan warga Bali terutama pada saat pengambilan gambar untuk scene upacara ritual.

“Kami merasa senang sekali karena untuk keperluan pembuatan film ini kami mendapat dukungan yang luar biasa dari pemimpin adat di Ubud Bali”, ujarnya.

Salah satu pemain pendukung film ini yang berasal dari Singapura, Atikah Suhaime menyatakan kesiapannya untuk membintangi film ini, selain ingin mengenal budaya Bali dengan tarian dan kidung yang khas Bali.

“Sebelumnya saya tidak tahu apa itu Leak, tapi setelah melakukan riset, saya tertarik dan tertantang untuk ikut terlibat di dalam pembuatan film ini,” ucap artis remaja kelahiran Tampines, Singapura, 15 Maret 1991.

Dalam Film “Leak (Kajang Kliwon)” berlatar Bali dalam suasana modern namun masih kental dengan hal mistik, diceritakan ada sosok perempuan bernama Agni tengah mempersiapkan pernikahan dengan tunangannya, Niko, yang mengalami gangguan Rangda, Agni yang merupakan seorang dokter tidak begitu saja percaya dengan gangguan yang mereka alami hingga mengancam nyawa mereka, yang pada akhirnya Agni dan Niko berhasil membongkar rahasia di balik gangguan yang mereka alami yang  ternyata semua ini berkaitan dengan rahasia masa pasangan ini. [PF/ Didang P. Sasmita]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *