Film RIDGE RUNNERS (2018): Mengungkap Hilangnya Gadis 12 Tahun, Perdagangan Manusia Bisa Terjadi Dimana Saja

0
107

POSFILM.COM – ‘Ridge Runners’ merupakan film Hollywood yang bergenre drama, criminal dan thriller, menceritakan tentang pengungkapan kasus perdagangan manusia, menghilangnya gadis berusia 12 tahun. Film ini menjadi layak di tonton karena sisi penggarapan berbeda dengan film-film sejenis yang mengangkat tema perdagangan manusia.

Setidaknya ada 4 film yang juga mengangkat tema perdagangan manusia atau perdagangan anak, yakni Trade (2007), The Reclaim (2015), Trafficked (2017), dan Relentless (2018). Namun yang membedakan dengan Ridge Runners adalah tidak menghadirkan adegan kekerasan fisik dan seksual. Padahal, cerita atau kasus perdagangan manusia (Human Trafficking) mereka mengalami penyiksaan dan dijual untuk perbudakan seks, kurir narkoba, bahkan untuk perdagangan organ tubuh.

Film Ridge Runners telah dirilis Januari 2018 lalu. Ceritanya mengalir, tidak membebani benak, dan konfliknya pun tidak rumit. Penggarapan film ini menjadi tontonan yang bagus untuk dinikmati, dan penonton bisa mengambil pesan positif yang tersirat bagi para orangtua, yakni anak tidak seharusnya dijadikan korban dengan merampas haknya, kebahagiaan dan hidupnya. Juga, agar kita senantiasa waspada dan menjaga putra-putri ataupun saudara kita yang masih berusia anak-anak. karena, umumnya sang pelaku adalah orang-orang yang sudah dikenal. Perdagangan manusia bisa terjadi di mana saja.

Film ‘Ridge Runners’ disutradarai oleh Hunter West, dan skenarionya ditulis oleh Austin Lott. Di awal film ini pun sudah diingatkan dengan menampilkan tulisan berupa data fakta; lebih dari 7.500 kasus perdagangan manusia dilaporkan di Amerika, rata-rata usia korban adalah 13 tahun.

Tatum Chandler berperan sebagai Halley Dawn dalam film ‘Ridge Runners’ (Foto: Ist /pf)

Sinopsis Film Ridge Runners

Film ‘Ridge Runners’ bercerita tentang hilang gadis kecil berusia 12 tahun, bernama Halley Dawn (Tatum Chandler).

Polisi yang melakukan penyelidikan kasus itu, Rachel Willow (Jennica Schwartzman) dibantu rekan kerjanya, Rob Sheperd (Austin Haley) mendapat aduan dari Maddie Dawn (Charlee Graham) ibu dari Halley Dawn.

Polisi melakukan investigasi dan mengumpulkan informasi dengan mendatangi tempat-tempat yang berhubungan dengan keseharian Halley. Tetangga, sekolah, tempat Halley bekerja, termasuk juga mendatangi rumah Maddie, ibu Halley. Ethan Flynn (Ryan Schwartzman) mengatakan bahwa Halley adalah anak yang pandai dan berkelakuan baik.

Rachel Willow dan Bob Sheperd belum mendapatkan satupun petunjuk. Maddie, ibunya Halley, sangat sedih. Ia berharap bisa memutar waktu dan belajar menjadi orangtua yang sabar.

Saat  hampir menemukan beberapa petunjuk, Sheperd tewas tertembak. Rachel Willow putus asa dan ingin menghentikan kasus tersebut. Bahkan ia ingin berhenti menjadi polisi. Hingga, saat senggang, Rachel Willow menemukan pola yang mengkhawatirkan. Apa yang dimulai saat orang hilang mungkin kedengarannya hal sepele, tapi saat ia banyak menyelidiki kasus itu ternyata hal itu mungkin melibatkan perdagangan manusia. Inilah saatnya ia melawan atau ia akan menjadi korban juga.

Alur cerita terus semakin meningkat dan membuat penasaran ingin tahu akhir cerita. Hingga suatu ketika, Truman Duncan (Christopher Howell), pria yang selalu menjadi peserta balapan di tempat dimana Halley bekerja, datang menghadap Rachel Willow dan memberitahukan tentang Halley yang ia temui di suatu tempat.

Rob Sheperd, sebelum tewas, saat masih mendampingi Willow menyelidiki kasus ini, mengatakan selalu ada informasi yang salah dengan mengatakan kebohongan. Setiap orang pernah berbohong atau membuat kebohongan. Setiap orang yang didatangi dan diinvestigasi oleh Rachel Willow dan Bob Sheperd semuanya ada kemungkinan pelaku dari hilangnya Halley Dawn.

Siapakah dalang dibalik hilangnya Halley Dawn, dan apa motivasinya? Pelaku pencurian atau perdagangan anak, umumnya adalah orang-orang terdekat, orang-orang yang sudah dikenal.

Dalam film ini pelakunya adalah Maddie, ibunya Halley. maddie yang menjual Halley pada bosnya yang bernama Clayton. Bahkan Maddie pun ‘menjual’ Halley pada gurunya, Ethan, yang nampak dari penampilan luarnya seperti guru yang baik. Ethan membayar Maddie tiap kali ia berhubungan Seks dengan Halley.

Ketika akhirnya kasus ini terbongkar, dan maddie adalah pelakunya, Maddie kepada Rachel Willow mengatakan bahwa ia masih berusia 18 tahun saat melahirkan Halley, dan di saat usia 24 tahun ia ditinggal mati ayah Halley, dan harus berjuang sendirian menghidupi dirinya dan Halley.

Masalah ekonomi, kesulitan atau kekurangan uang untuk mencukupi kebutuhan hidup seringkali menjadi salah satu alasan dalam perdagangan manusia. Namun, apapun alasannya, orangtua tidaklah seharusnya mengorbankan kebahagiaan sang anak. []

Detail Cast and Crew Film RIDGE RUNNERS    

Jenis Film : Horor, Misteri

Durasi : 89 menit

Negara Asal : Amerika

Produser : Jennica Schwartzman, Hunter West, Austin Lott, Jay Lee, Kenny Jackson

Sutradara : Hunter West

Penulis Naskah : Austin Lott

Produksi : Flydog Productions, Indican Pictures

Pemain : Jennica Schwartzman, Austin Haley, Charlee Graham, Tatum Chandler, Kathrine Forbes, Christopher Howell.

Rilis : 19 Januari 2018

Official Trailer – Film RIDGE RUNNERS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here