Belajar Bahasa Suku Muna, Putri Ayudya: Saya Tipe Orang yang Diceburin Langsung

POSFILM.COM – Putri Ayudya artis seni peran mendapat pengalaman baru dalam memerankan sebagai oran Pulau Muna di film terbarunya berjudul ‘Mengejar Embun Ke Eropa’, yang diproduksi oleh PT  Alam Media Puskat Picture, dengan lokasi syuting di pulau terpencil, Pulau Muna, Kendari, Sulawesi Tenggara.

Ayu mengaku sempat sulit memerankan karakter Ani dalam film arahan sutradara Haryo Sentanu Murti ini, pasalnya tokoh Ani adalah orang suku Muna, yakni salah satu suku di Pulau Muna, Sulawesi Tenggara.

“Sebelumnya, saya tak pernah tahu tentang suku Muna, saya harus mempelajari bahasa dan dialek orang Muna,” ujar Ayu, saat ditemui di kawasan Senayan, Jakarta.

“Cara ngucapin, juga cara ayunan nadanya beda banget. Di sana ada juga suku Tolaki, saya lebih mempelajari bahasa Muna,” lanjutnya.

Menurut Ayu ada perbedaan dialek suku Tolaki dan suku Muna. ”Dialek orang Muna ini cengkoknya agak ngayun, itu yang saya ingat.”

Faktor kesulitan itu yang mendatangkan pengalaman baru bagi Ayu. Dirinya merasa beruntung bisa mempelajari langsung bahasa dan dialek Muna. Sambil mendalami karakternya sebagai Ani, yang merupakan warga asli Muna, Ayudya memanfaatkan proses syuting selama berada di sana, dengan berbaur dan berkomunikasi langsung dengan penduduk setempat.

“Malam-malam kita ngumpul, dan saya diceburin sama mereka, ngobrol sama mereka, karena saya tipe orang yang harus diceburin langsung, biar langsung bisa,” cerita Ayu bagaimana caranya belajar bahasa dan dialek orang Muna.

“Aku tidak ngerti mereka ngomong apa. Pertama kali saya dengar seperti bahasa Makassar, tapi bukan. Bukan logat-logat Sulawesi yang pernah saya dengar sebelumnya, cara ngucapin dan cara ayunannya beda sekali,” tambah Ayu.

Hal lainnya yang mendatangkan pengalaman baru bagi Ayu adalah keramahan dan kesederhanaan hidup penduduk di sana.

“Sesuatu yang sudah jarang saya lihat di kota. Melihat kegiatan mereka yang hidup sederhana, mereka bangun rumah sendiri, memotong kayu jati dari kebunnya sendiri, mereka bangun teras itu sesuatu yang tidak dapat saya lihat di kota besar. Dengan keadaan itu mereka tetap memberikan sajian dan menyambut kita dengan baik,” paparnya.

Film ‘Mengejar Embun Ke Eropa’,  dalam  film ini Ayudya tampil bersama  Rizky Hanggono. Tokoh Ani dalam film ini adalah istri dari Puro (Rizky Hanggono).

Inti cerita film ini mengisahkan perjalanan sukses orang Muna yang diwakili tokoh Puro dan Ani. Semasa kecil  -anak-anak Muna- yang tinggal di daerah krisis air, tiap pagi berharap ada air embun agar bisa mandi sebelum berangkat sekolah.

Nasib baik menyertai Puro, dirinya tidak hanya dapat menyelesaikan studinya, namun juga berkesempatan ke Eropa, bahkan memimpin sebuah universitas di Kendari, Sulawesi Tenggara.[]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *