WREGAS BHANUTEJA Sineas Muda asal Yogjakarta yang Menang di Cannes 2016

Wregas Bhanuteja-sutradara film Prenjak

POSFILM.COM – Wregas Bhanuteja, sineas asal Yogjakarta  telah berhasil memenangkan Penghargaan bergengsi The Leica Cine Discovery Prize Cinema De Pa Critic Cannes 2016, atas filmnya yang berjudul PRENJAK, In The Year Of Monkey. Bertepatan dengan hari Kebangkitan Nasional, 20 Mei 2016, telah membuat kebanggaan bagi film Indonesia.

PRENJAK, sebuah film pendek yang berkisah tentang perjuangan seorang perempuan di era 1980. Diah, seorang perempuan yang hidup dalam kekurangan dan memerlukan uang demi menyambung hidupnya, diapun menawarkan dirinya kepada seorang laki laki yang bernama Jarwo Korek Api, untuk melihat salah satu bagian tubuhnya.

Film karya Wregas yang dikirim mewakili Indonesia oleh Pusat Pengembangan Perfilman (Pusbang Film) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) ini bersaing dengan 10 film pendek dari beberapa negara seperti Prancis, Brazil, Portugal, Kanada dan Hungaria. Tak hanya mendapat trofi bergengsi, Wregas juga menerima uang pembinaan sebesar 4000 Euro atau setara dengan Rp 60,8 juta.

Wregas sendiri tak menargetkan filmnya untuk menang di kompetisi internasional ini. “Saya secara pribadi tidak memiliki target yang besar untuk menang. Bagi saya berangkat ke sana itu udah anugerah banget dan harapannya saya bisa bikin film baru lagi,” ujar Wregas.

PRENJAK adalah film ketiga dari Indonesia yang berkompetisi di La Semaine de la Critique atau International Critics’ Week ke-55. Sebelumnya, ada TJOET NJA’ DHIEN karya Eros Djarot di tahun 1989 dan THE FOX EXPLOITS THE TIGER’S MIGHT karya Lucky Kuswandi tahun lalu.

Kemenangan ini disambut baik oleh Mendikbud, Anies Baswedan. “Penghargaan terbaik untuk film pendek PRENJAK dari Festival Film Cannes di Prancis ini sangat membanggakan. Selain karena pertama kalinya, Indonesia meraih penghargaan terbaik kategori ini di Cannes, juga momentumnya bertepatan dengan Hari Kebangkitan Nasional 20 Mei. Semoga ini benar-benar menjadi spirit kebangkitan film dan kreativitas Bangsa Indonesia,” tutur sang menteri di Jakarta, Jumat (20/5), Bravo Wregas ![]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *