Tulis Lagu di Album Monokrom, Tulus Terinspirasi Cerpen

Tulus-Album Pamit-Foto Lopinta-PF-2

POSFILM.COM – Vokalis indie Tulus bercerita soal album teranyarnya bertajuk Monokrom yang ternyata lirik dalam album tersebut banyak terinspirasi dari sebuah cerita pendek (cerpen). Kok bisa?

Hal ini disampaikan oleh pemilik nama lengkap Muhammad Tulus ini dalam konferensi pers peluncuran album teranyarnya itu di Restoran Kembang Goela, Parkir Lot Senayan, Jakarta pada Rabu (3/8/2016).

“Pembuatan lirik dalam album ini terinsiprasi dari cerita pendek, yang kemudian disaring kembali serta diberi struktur yang mumpuni,” tutur penyanyi bertubuh gempal tersebut.

Meski tak menyebutkan cerita pendek yang dimaksud, namun Tulus menuturkan dari cerpen tersebut, ia mengambil inti sari untuk digubahnya menjadi sebuah lagu. “Tapi tidak melulu juga. Ada juga musiknya dimainkan dulu sama bang Ari Renaldi (produser), terus itu menstimulasi saya membuat lirik. Banyak cara lain (juga),” imbuh sang pelantun Teman Hidup.

Album Monokrom sendiri berisikan 10 tembang di antaranya, Manusia Kuat, Pamit, Ruang Sendiri, Tukar Jiwa, Tergila-gila, Cahaya, Langit Abu-Abu, Mahakarya, Lekas, serta Monokrom.

Kala ditanya soal lagu kesukaannya dalam album tersebut, Tulus tak kuasa untuk menentukan pilihannya. “Pada dasarnya saya suka semua. Yang paling saya ingat saat rekaman Monokrom , saya mencoba mengulik lagi memori. Mungkin yang paling sulit proses kreatifnya (lagu) Pamit. Awalnya banyak alat musik (pengiring) sampai akhirnya diputuskan cuma diiringi piano. Ha-ha-ha.”

“Intinya, Monokrom adalah album terima kasih kepada banyak pihak yang punya andil memahat dan membentuk saya hingga bisa jadi seperti sekarang,” tutup juara kategori Artis Lelaki Baru Baik dalam ajang penghargaan Anugerah Planet Muzik Singapore 2014 tersebut.

Album Monokrom sendiri merupakan album ketiga Tulus setelah sebelumnya vokalis bergenre jazz-pop ini telah menelurkan album berjudul Tulus  di tahun 2011 dan album Gajah pada tahun 2014 silam.[]

Baca Juga : 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *