Terinspirasi Tiga Dara, Nia Dinata Garap Ini Kisah Tiga Dara

Tiga Dara-konpress-foto Lopinta-PF-IMG_20160803

POSFILM.COM – Sutradara kondang Nia Dinata mengaku sangat terinspirasi oleh film Tiga Dara garapan Usmar Ismail yang tayang pada tahun 1956 silam. Berkat kecintaannya pada film tersebut, Nia pun berinsiatif garap film Ini Kisah Tiga Dara.

“Jadi aku generasi yang lahir di tahun sekianlah ya, ha-ha-ha. Nah, kebetulan pas kecil aku tinggal bersama nenek. Nah pas umur enam tahun, keluargaku gemar menonton acara Sinema Akhir Pekan di TVRI yang memang rajin menayangkan Tiga Dara,” cerita Nia Dinata, dalam konferensi pers film Tiga Dara 4K di Plaza Indonesia XXI, Jakarta, pada Rabu (3/8/2016).

Menurut penuturan Nia, menyaksikan Tiga Dara bersama nenek dan kedua orang tuanya terasa bagaikan piknik untuk anak seusianya di kala itu. Sebagai bocah usia enam tahun, ia pun diperkenakan oleh neneknya terlebih dahulu tidur siang, untuk kemudian menyaksikan Tiga Dara di waktu petang.

IKTD

“Nenekku itu pecinta Tiga Dara. Kakekku juga punya piringan hitam lagu Syaiful Bahri (yang jadi ost film Tiga Dara). Makanya aku familiar sekali dengan karya klasik ini,” imbuh cucu dari pahlawan nasional Otto Iskandardinata tersebut.

Merasa punya kenangan indah dengan Tiga Dara, maka ketika mendapat tawaran dari sahabatnya, Alex Sihar, Nia pun tak ingin melewatkan kesempatan untuk menggarap film Ini Kisah Tiga Dara.

“Aduh pas ditawarin, langsung pingsan aku, ha-ha-ha. Rasanya kayak mimpi, tapi aku juga enggak pernah punya dream soal ini. Soalnya the three sisters ini kayak idolaku banget.”

“Makanya kalau mau buat film yang ceritanya persis, berat ya. Usmar Ismail is a legend. I do the modern version tapi yang inspired by aja ya. Karena aku enggak mungkin menyamai Usmar Ismail ya,” tutupnya wanita yang pernah menyutradarai Arisan 2! (2011), Berbagi Suami (2006) serta Ca Bau Kan (2002) itu.

Film Ini Kisah Tiga Dara dibintangi oleh Shanty Paredes, Tara Basro, Tatyana Akman, Titiek Puspa, Reuben Elishama, Rio Dewanto, Richard Kyle, Ray Sahetapy, Cut Mini, Joko Anwar serta Titiek Puspa.

Ini Kisah Tiga Dara resmi beredar di seluruh jaringan bioskop tanah air pada 1 September 2016 mendatang serta trailer resminya pun resmi diluncurkan bersamaan dengan gala premiere film Tiga Dara  hasil restorasi 4K pada Rabu (3/8).[]

Baca Juga :

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *