Sutradara Film Sundul Gan, Naya Anindita: Kesuksesan Bukanlah Hal Yang Instan

Naya Anindita-Sundul Gan-pf-05 2016

POSFILM.COM – Film “Sundul Gan: The Story of Kaskus” sebuah film biopic yang mengangkat kisah keberhasilan forum online Kaskus, yang disutradarai, diperankan dan diproduseri oleh generasi muda Indonesia ini, dan disampaikan dalam bahasa anak muda.

Tentu saja film ini diharapkan dapat menginspirasi generasi muda Indonesia untuk tidak pernah berhenti bermimpi dan selalu bekerja keras dengan semangat tinggi untuk mencapai cita-cita mereka.

Adalah Naya Anindita, sutradara muda asal Bandung yang dsipercaya menggarap film ini. “Sundul Gan: The Story of Kaskus” sendiri merupakan debut pertama dari Naya menggarap film layar lebar. Biasanya, Naya hanya menggarap video-video serial traveling bernama “Jalan-jalan Men” yang diunggah di Youtube.

“Awalnya sempat deg-degan banget saat mendapatkan tawaran untuk menyutradarai film ini. Tapi, saya merasa senang juga karena bisa mengetahui kisah-kisah inspiratif dari dua orang pendiri Kaskus,” ungkap Naya.

Film karya Naya Anindita ini diadaptasi dari buku biografi salah satu pemilik Kaskus, Ken Dean Lawadinata, yang menceritakan awal mula berdirinya situs ternama tersebut dan persahabatan dua anak manusia yang sama-sama berjuang untuk mencapai kesuksesan di usia muda. Ken Dean Lawadinata dan Andrew Darwis merupakan contoh generasi muda Indonesia yang bisa menginspirasi.

Naya Anindita mengatakan bahwa film tentang Kaskus ini akan menceritakan perjalanan Ken Dean Lawadinata (Ken) dan Andrew Darwis, dua tokoh penting di balik pendirian Kaskus. Mulai dari saat mereka kuliah di Seattle, di mana mereka mulai merintis Kaskus, hingga saat mereka pulang ke Jakarta dan membesarkan forum online ini.

“Kami menghadirkan film adaptasi kisah nyata dua anak muda Indonesia yang sukses membangun situs forum komunitas terbesar di Indonesia dengan cara yang ringan, menggunakan efek visual dan disampaikan dalam bahasa anak muda. Dengan demikian kami berharap film ini dapat diterima dengan baik oleh masyarakat terutama generasi muda dan menginspirasi mereka,” papar Naya Anindita.

“Bahkan dari awal developing skrip kita selalu melibatkan Ken dan Andrew. Jadi waktu udah draf satu, kita lempar ke mereka, mereka kasih komentar, ‘Ini nggak gini nih,’ atau, ‘Ini harusnya begini.’ Jadi skrip ini berdasarkan approval dari mereka, karena kita mau menjaga authenticity ceritanya mereka berdua,” tambah Naya mengurai cerita awal-awal memulai produksi film ini.

“Mungkin sekitar 60 persen real dan 40 persen didramatisasi situasinya. Ada beberapa kejadian yang real kita campur juga, misalnya ketika BB17 (forum topik dewasa, red) ditutup, sama ada satu konflik yang lain jadi berdekatan, padahal sebenarnya timeline-nya lebih jauh,” ungkap Naya.

Proses syuting film Sundul Gan : The Story of Kaskus,  berlangsung selama 20 hari, mengambil lokasi di Jakarta.

Naya juga menjelaskan film debut pertamanya ini cukup inspiratif dan cocok ditonton para generasi muda, sebab dua pendiri Kaskus yakni Ken Dean dan Andrew Darwis terbukti mampuh meraih kesuksesannya mengembangkan situs forum komunitas terbesar di Indonesia itu dalam usia yang sangat muda.

“Saat Kaskus sukses dibangun Andrew pada saat itu masih berusia 19 tahun,” ucap Naya.

Selain menyoroti kesuksesannya, menurut Naya, sisi lain yang juga perlu diresapi oleh generasi muda dalam film itu yakni perjuangan dan kesabaran dalam meraih mimpi.

“Dalam film itu tergambar bahwa kesuksesan bukanlah hal yang instan tapi perlu keteguhan hati sebab perlu waktu bertahun-tahun untuk mencapai kesuksesannya,” kata dia.

Terlepas kini Kaskus menjadi salah satu wadah komunitas online terbesar di Indonesia, Naya juga menjanjikan bahwa film Sundul Gan tak hanya akan bisa dinikmati oleh orang-orang yang kenal dengan Kaskus, diharapkan dapat menjangkau penonton lebih luas.

“Karena ceritanya ringan dan sesuatu yang kita alami sehari-hari. Tentang perjuangan, cita-cita, teknologi, sesuatu yang sedang kita hadapi sekarang gitu. Jadi buat gue, yang nggak tahu Kaskus pun akan mengerti dan akan terhibur dengan film ini,” pungkas Naya.[]

 

 

Berita terkait :

http://posfilm.com/film-sundul-gan-the-story-of-kaskus-kisah-inspiratif-pendiri-forum-kaskus/

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *