Sumbar Talenta Tampil di International Folklore Festival ke-51 Croatia

Sumbar Talenta tampil di International Folklore Festival ke-51 Croatia-HL-PF

POSFILM.COM, PADANG – Memenuhi undangan dari Medunarodna Smota Folklora Zagreb – Croatia, Himpunan Wanita Karya (HWK) Sumbar mengirim Sumbar Talenta untuk tampil konser di ajang pertunjukan kesenian rakyat ‘The 51’st International Folklore Festival’, yang akan diselenggarakan pada 19 – 23 Juli 2017 di kota Zagreb, Croatia. Rombongan Sumbar Talenta yang terdiri dari 24 orang, telah diberangkatkan pada hari Minggu, 16 Juli 2017.

“Rombongan Sumbar Talenta ini mengikutkan pemenang pertama Sumbar Talenta XII, sebagai realisasi dari hadiah yang telah kami janjikan. Dan secara keseluruhannya adalah para grand finalis Sumbar Talenta I hingga XII, yang aktif bergiat di Sumbar Talenta Organization (STO), serta para bundo kanduang dari HWK Sumbar,” kata Dra. Hj. Sastri Yunizarti Bakry, Akt. M.Si. CA. QIA., Ketua HWK Sumbar, dan salah seorang pendiri Sumbar Talenta.

Sumbar Talenta membawa konsep Enchanting of Minangkabau (Kemilau Ranah Bundo) ke Croatia, dengan menyiapkan pertunjukan Tari Pasambahan, Tari Indang, Tari Piring, Peragaan Busana Minangkabau oleh Bundo Kanduang, dan lagu-lagu tradisi Minangkabau. Sumbar Talenta menjadi wakil dari Indonesia untuk tampil di The 51’st International Folklore Festival di Zagreb – Croatia ini.

“Persiapan untuk tampil di Croatia sudah kami lakukan sejak bulan Februari 2017, didukung oleh ibu-ibu dari HWK Sumbar dan teman-teman di STO,” kata Yeni Zafitri, Ketua Harian HWK Sumbar, ketika kami wawancarai, Minggu (16/7/2017).

Selain Sumbar Talenta, The 51’st International Folklore Festival ini juga diikuti oleh komunitas seni dari beberapa negara lain, seperti; Argentina, Brasil, Italia, Macedonia, Paraguay, Spanyol, dan dua komunitas seni dari Amerika Serikat dan Turki. Sebagai tuan rumah, Croatia mengikutkan 26 komunitas seninya dan juga komunitas seninya yang berkiprah di Bosnia, Herzegovina, dan Serbia. Adapun nama-nama peserta dari Sumbar Talenta adalah Sastri Bakry, Emma Yohanna, Remon, Yeni Zafitri, Era, Ermiwati, Zusneli, Hallen, Linda, Rini, Mimi, Andha Zulfirman, Harhy Syafmitha, Rezi, Rifki, Fris, David, Agung, Beping, Fanny Firgina Aura, Salsa, Laura, Yani, dan Tata.

Sesuai informasi dari Zeljka Janes Beneti, Produser The 51’st International Folklore Festival, Sumbar Talenta akan menampilkan pertujukannya setiap hari selama berada di Croatia, sebagaimana jadwal berikut ini;

19 Juli 2017: di Gedung Ban Jelacic Square – Kota Zagreb, jam 10.00, waktu setempat.

20 Juli 2017: di Gedung Ban Jelacic Square – Kota Zagreb, jam 10.00, waktu setempat. Pada malam harinya tampil di Kota Sveta Nedelja, Kabupaten Istria. Sumbar Talenta tampil bersama negara-negara peserta The 51’st International Folklore Festival.

21 Juli 2017: di Stage Gradec, Kota Zagreb, jam 21.00, waktu setempat.

22 Juli 2017: di Gedung Ban Jelacic Square, Kota Zagreb, jam 10.00, waktu setempat. Pada malam harinya tampil pada Harvest Festivities di Kota Zapresic.

23 Juli 2017: di Gedung Ban Jelacic Square – Kota Zagreb, jam 10.00, waktu setempat. Pada malam di Palace Dverce – Kota Zagreb, reservasi bagi negara yang ingin ikut berpartisipasi di International Folklore Festival berikutnya.

“Sudah lebih dari 25 kali membawa Sumbar Talenta konser di luar negeri, baru kali ini tanpa didampingi oleh drg. Riflaini, Ketua Harian HWK Sumbar yang telah mendahului kita. Tapi kami tetap optimis dan semangat untuk tampil di IFF ke 51 ini,” kata Sastri Bakry, yang juga adalah Inspektur Khusus di Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia.

Sastri Bakry juga mengatakan, untuk mempersiapkan penampilan di The 51’st International Folklore Festival di Croatia ini, pasti ada kendalanya. Yang menyedihkan, perhatian Pemerintahan Provinsi tidak ada, walaupun sudah kami minta untuk melihat anak-anak tampil.

“Namun berkat rasa kekeluargaan yang cukup erat antara sesama pengurus, jadi mempermudah kami untuk saling bekerjasama dalam mengangkat kesenian tradisi dan kebudayaan Minangkabau di luar negeri, dan juga belajar dari pengalaman sebelumnya. Semoga saja penampilan Sumbar Talenta di Croatia nanti dihadiri oleh Duta Besar Indonesia beserta staf di Croatia,” paparnya.

“Kesenian tradisi dan kebudayaan Minangkabau sungguh luar biasa, anggun dan mewah. Kita semua harus merawatnya,” pungkas Sastri Bakry menutup wawancara.  [*PF/Muhammad Fadhli]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *