Sumbar Talenta Syuting Videoklip Lagu Demo Integritas di Pantai Muaro Gantiang Padang

Sumbar Talenta dan HWK Sumbar syuting videokilp-PF-3

POSFILM.COM – Lagu Demo Integritas yang dinyanyikan oleh Sumbar Talenta bersama Himpunan Wanita Karya (HWK) Sumbar, video klipnya tengah proses penggarapan. Syuting telah dilakukan pada Minggu, 6 Agustus 2017, di pantai Muaro Gantiang, kelurahan Parupuk Tabing, kota Padang.

Penggarapan video klip dilakukan dengan pengambilan gambar empat puluh orang lebih dari anggota Sumbar Talenta dan ibu-ibu Himpunan Wanita Karya (HWK) Sumbar. Syuting berlangsung dari jam 7 pagi hingga jam 2 siang, dan penggarapannya dipercayakan pada Soni Audeo Record – Padang.

“Videoklipnya digarap secara kolosal dengan menampilkan usia remaja, dewasa, dan tua. Memaknai bahwa untuk membangun integritas bangsa itu hanya dapat dilakukan secara bersama. Lagu Demo Integritas ini saya tulis karena kegelisahan budaya,” kata Dra. Hj. Sastri Yunizarti Bakry, Akt. M.Si. CA. QIA., Ketua HWK Sumbar, yang juga adalah Kepala Pusat Litbang Pembangunan dan Keuangan Daerah di Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia, ketika kami wawancarai, Minggu 6 Agustus 2017.

“Seharusnya, budaya yang perlu dipelihara adalah budaya positif, yang bermanfaat bagi bangsa Indonesia. Tapi sekarang orang juga mengatakan korupsi dan gratifikasi itu juga adalah budaya. Hal itu sebetulnya tak perlu terjadi,”  lanjut Sastri Yunizarti Bakry.

Sastri Bakry juga mengatakan, “Sosialisasi untuk membangun budaya integritas bangsa tentu sudah diregulasikan pemerintah, baik melalui Perpres dan Inpres. Dan para koruptor juga sudah banyak yang dipidana hingga dipenjarakan. Namun, masih banyak para pelaku korupsi dan gratifikasi yang belum tersentuh hukuman.”

“Untuk ikut peduli pada kegelisahan budaya, HWK Sumbar dan Sumbar Talenta ingin menyentuh hati mereka lewat seni dan budaya. Sentuhan budaya itu bisa berupa lagu, tari, musik, dan puisi. Oleh karena itu, lagu Demo Integritas ada. Lagu ini memuat pesan bahwa kita jangan hanya bicara, tapi sesuaikan juga dengan perilaku,” tambahnya.

Sumbar Talenta-Sastri bakry dan Emma Yohanna-sosialisasikan integritas pada nelayan Muaro Gantiang-PF-1
Dra. Hj. Sastri Yunizarti Bakry dan Emma Yohanna saat sosialisasikan integritas pada para nelayan di Muaro Gantiang, Minggu (6/8/2017) (Foto Dok. DIATUNES MANAGEMENT)

Sementara itu, Hj. Emma Yohanna, Dewan Kebijakan HWK Sumbar, yang juga adalah Anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia, yang juga ikut shooting videoklip ini, mengatakan, “Secara jujur kita bisa melihat apa yang terjadi di tengah masyarakat, rasa kebangsaan dan rasa kebersamaan sudah mulai terpuruk.”

“Untuk menumbuhkan pemahaman kita pada ketatanegaraan dan kebangsaan, agar dapat mencintai bangsa dan negara kita sendiri, tentu harus dimulai dengan rasa percaya diri, kemudian rasa tanggungjawab kita sebagai warga negara, baik pada skala Sumatra Barat maupun nasional. Kondisi yang terjadi hari ini tentu harus disikapi, salah satunya dengan kegiatan yang dilakukan oleh Sumbar Talenta ini, mengajak masyarakat melakukan berbagai kegiatan, seperti kegiatan kebudayaan dan kegiatan sosial. Pembuatan lagu dan videoklip Demo Integritas ini adalah salah satunya,” paparnya.

Emma Yohanna juga mengatakan bahwa untuk membentuk budaya integritas bangsa tentu tidak saja dengan ceramah-ceramah atau pelajaran-pelajaran saja, tapi juga bisa melalui budaya, nyanyian-nyanyian, dan tarian.

“Jadi ini adalah langkah yang sangat positif sekali. HWK Sumbar melalui Sumbar Talenta, mengambil bagian untuk menciptakan kecintaan pada negeri, agar menimbulkan rasa tanggungjawab, kejujuran, dalam ruang lingkup integritas. Semoga saja kekhawatiran kita pada kenakalan generasimuda tidak terjadi. Mereka adalah generasi ke depan, para pemimpin masa depan. Untuk itu karakter mereka harus kita bentuk. Dengan memiliki karakter yang baik, kelak mereka pasti akan berintegritas.”

Fanny Firgina Aura, salah seorang anggota Sumbar Talenta yang ikut syuting videoklip ini, berpendapat, “Kami bangga. Insya Allah, akan jadi contoh bagaimana menjadi seseorang yang berintegritas. Saat ini banyak orang yang memiliki attitude yang kurang bagus. Lewat lagu dan videoklip ini kita bisa mengajak para generasimuda untuk berintegritas, karena tidak mesti secara formal saja, tapi juga bisa dilakukan lewat kesenian.”

HWK Sumbar dan Sumbar Talenta berharapan, semoga pesan pada lagu dan videoklip Demo Integritas ini sampai pada masyarakat luas.

“Videoklipnya juga berisi beberapa gerakan tari, adalah simbol dengan filosofi untuk masyarakat agar berintegritas,” kata One, Humas HWK Sumbar.

Meskipun pagi harinya kota Padang diguyur hujan yang melebat, namun tidak melunturkan semangat Sumbar Talenta dan HWK Sumbar untuk datang ke lokasi syuting.

“Kami membuka pendaftaran bagi para anggota Sumbar Talenta dan ibu-ibu HWK Sumbar yang ingin ikut syuting, dan semua yang mendaftar datang menghadiri. Meskipun hujan, kami sabar menunggu. Dan Alhamdulillah, jam sembilan pagi hujan sudah berhenti, dan syuting dapat berjalan dengan lancar dan sukses,” kata Yeni Zafitri, Ketua Harian HWK Sumbar.

Lagu Demo Integritas ini liriknya ditulis oleh Sastri Bakry, iramanya ditulis oleh Erfan Lubis, dan diaransemen oleh Heru Erlangga di studio musik Soni Audeo Record. Untuk publikasi diurus oleh Diatunes Management. Lagu Demo Integritas sudah bisa kita download secara gratis lewat link berikut ini, agar dapat kita sebarkan dan pesan lagunya semoga bisa diterapkan pada keseharian kita. [PF/Muhammad Fadhli]

Sumbar Talenta - HWK Sumbar saat syuting-PF-2
Para Ibu HWK Sumbar saat syuting, di Pantai Muaro Gantiang, Padang, Minggu (6/8/2017) [Foto Dok. DIATUNES MANAGEMENT]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *