Sinopsis TRAIN TO BUSAN (2016) : Kebersamaan Adalah Kekuatan Mengalahkan Apapun

Train To Busan-Korea movie 2016-3

POSFILM.COM – Train To Busan adalah film Korea bergenre action, suspense- thriller yang banyak menyedot perhatian penonton. Film berdurasi 118 menit ini disutradarai oleh Yeon Sang-Ho sekaligus juga sebagai penulis naskahnya dibantu oleh Park Joo-Suk.

Train To Busan yang dibintangi oleh aktor popular Korea Gong Yoo pertama kali diputar pada Festival Film Cannes 2016 yang lalu. Juga meraih penghargaan di the 20th Fantasia International Film Festival yang di gelar pada Kamis (4/8).

Film ini resmi dirilis premiere pada 20 Juli 2016, dan menembus Box Office Korea, dalam 2 minggu sejak launchingnya meraih hampir 10 juta penonton, pada 7 Agustus 2016.

Film memperoleh dua penghargaan, salah satunya yaitu the Audience Award for Best Asian Fitur serta the Cheval Noir Award for Best Fitur dari beberapa juri, dalam acara bergengsi yang diselenggarakan di Montreal itu.

Film ini menjadi film drama horror Korea Selatan yang dinantikan, dan di Indonesia segera dirilis pada 31 Agustus di jaringan bioskop cgv blit, cinemaxx.

 

Sinopsis

Train To Busan merupakan film yang ceritanya bermula tentang bencana virus yang terjadi di korea Selatan. Dan beberapa orang pergi berjuang menyelamatkan di ri dengan sebuah kereta listrik cepat yang dari rute Seoul ke Busan.

Train To Busan-Korea movie 2016-pf-1

Saat waktu kereta itu akan berangkat, stasiun kereta itu diserang dan dikuasai oleh sekelompok zombie (akibat virus tersebut) yang membunuh masinis kereta itu dan beberapa orang yang di dekat zombie.

Tanpa ada masinis kereta itu, beberapa penumpang yang ada mesti berjuang untuk melawan beberapa zombie yang ada. Para penumpang bersatu dan berusaha keras untuk dapat bertahan hidup karena mereka selalu saja mendapatkan serangan brutal dari para zombie. Mereka terus berlari dari para zombie dan terus melawan dengan bertarung.

Akankah para penumpang kereta rel listrik KTX dari Seoul menuju Busan tersebut dapat selamat dari serangan zombie?

Selain aktor tampan Gong Yoo, ada juga aktor Ma Dong-Seok dan juga artis cantik Jung Yu-Mi . Film ini akan segera tayang di jaringan bioskop cgv blit, cinemaxx.

 

Review

Film ini ceritanya berpusat pada Seok-woo (Gong Yoo) yang merupakan manager pengelola dana yang sedang mengalami masalah di perusahaan yang baru di berinvestasi. Meskipun begitu dia tetap memutuskan untuk berangkat ke Busan bersama Soo-an, anak perempuannya. Mereka ke Busan menggunakan kereta express KTX Busan untuk mengunjungi mantan istrinya.

Hingga akhirnya Seok-woo dan Soo-an serta penumpang lainnya menyadari bahwa mereka sedang dalam bahaya, harus menghindar dari kejaran para zombie.

Disinilah kepiawaian Yeon Sang-Ho selaku sutradara dan penulis cerita filmnya. Yeon Sang-Ho tak ingin menciptakan suatu kesan yang rumit dengan kemunculan wabah zombie.

Dia sengaja membiarkan cerita dan perhatian penonton tertuju pada  perjuangan Seok-woo dan putrinya, sehingga unsur drama di film ini pun begitu terasa kuat. Terasa menyentuh melihat perjuangan Seok-woo menjaga keselamatan putrinya dari kejaran para zombie.

Dari sisi kamera dan editing, film ini enak untuk dilihat dan diikuti alur ceritanya, ditambah lagi pengunaan efek dan sound membantu unsur thriller dan horornya.

Menyaksikan film ini kita menyadari bahwa perfilman nasional kita hanya berjalan di tempat. Bahkan oleh film-film Thailand pun boleh dibilang Indonesia sudah tertinggal. Tidak ada perkembangan yang siginifikan pada Nasional. Film nasional bertajuk ‘BANGKIT’, mungkin bisa menjadi pendobrak perkembangan film-film nasional berikutnya. Semoga.

 

Judul Film : Train To Busan – Jenis Film : Action, Suspense-Thriller – Durasi : 118 menit – Sutradara : Yeon Sang-Ho – Penulis naskah : Yeon Sang-Ho, Park Joo-Suk – Produser : Lee Dong-Ha, Kim Yeon-Ho – Produksi :Pemain : Gong Yoo, Jung Yu-Mi, Ma Dong-Seok, Kim Soo-Ahn, Kim Eui-Sung, Choi Woo-Sik,  Ahn So-Hee, Jang Hyuk-Jin, Shim Eun-Kyung

 

OFFICIAL TRAILER – TRAIN TO BUSAN (2016

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *