Sinopsis “Mimpi Anak Pulau”: Anak Desa yang Sukses Taklukan Kemiskinan

Mimpi Anak Pulau-2016-PF

POSFILM.COM – Apa jadinya bila seorang anak yatim yang didera cobaan hidup yang teramat beratnya, bercita-cita ingin melepaskankan diri dari himpitan ekonomi yang menyiksa, mengantungkan cita-cita setinggi-tingginya dan meraih masa depan yang diidamkannya? Kisah ini tampaknya yang coba diangkat ke layar lebar melalui film Mimpi Anak Pulau.

Film Mimpi Anak Pulau ini akan menceritakan kisah nyata tentang seorang DEPUTI BP Batam bernama Gani Lasa. Gani Lasa merupakan seorang anak pesisir Nongsa yang hidup miskin dan harus melalui lika-liku kehidupan.

Awalnya, film garapan Kiki Nuriswan ini mengisahkan sosok Gani kecil (Daffa Permana) yang hidup dengan segala keterbatasan di kampung pesisir pantai yang jauh dan sepi. Hanya ada 40 kepala keluarga yang hidup bersama Gani di kampung tersebut, tanpa listrik dan tanpa air bersih.

Meski hidup miskin dan penuh tekanan, namun Gani kecil masih begitu menikmati hidupnya sebab ada sang ayah (Ray Sahetapy) yang begitu perhatian, mengasihi dan mencurahkan segala perhatiannya kepada kelima anaknya, termasuk Gani kecil. Bahkan, boleh dibilang, hubungan ayah bersama Gani merupakan hubungan ayah-anak paling romantis dibandingkan hubungan sang ayah dengan keempat anak lainnya.

Hingga suatu ketika, kebahagiaan Gani kecil dirampas oleh takdir yang membuat sang ayah berpisah selama-lamanya dengan keluaga kecil mereka. Di tengah rasa duka yang mendalam akibat kematian sang ayah, Gani kecil berinisiatif untuk membanting tulang demi membantu keadaan ekonomi yang mendadak harus dipikul seorang ibunya (Ananda Faturrahman) yang hanya merupapakan pedagang kue.

Meski demikian, tekad dan kemauan Gani Lasa untuk bersekolah tetap tinggi. Hingga akhirnya, usai lulus SD (Sekolah Dasar), ia harus mendayung sampan ke Tanjung Pinang dari pukul 17.00 sampai pukul 06.00 untuk melanjutkan sekolah di PGA (Pendidikan Guru Agama). Ketika di PGA itulah pertama kali Gani kecil bersekolah menggunakan sepatu.

Kemudian ia merantau ke Yogyakarta untuk melanjutkan sekolahnya yang lebih tinggi lagi yaitu perguruan tinggi dan meluluskan sarjananya disana kurang lebih 3 tahun. Dia tidak lupa akan mimpinya yaitu untuk menjadi matahari bagi pulau-pulau di tanah kelahirannya.

Sekembalinya Gani ke kampung halamannya, Gani mewujudkan mimpinya dengan menghidupkan para nelayan, membangun kota, hingga ia menjadi seorang pemimpin. Berkat ketekunannya, kini Gani Lasya menjadi salah satu pejabat di Badan Pengusaha (BP) Batam.

Lantas, bagaimanakah cerita perjuangan Gani kecil penuh inspirasi garapan rumah produksi Nadienne Batam Production serta Studiopro 1226 Jakarta tersebut?

Film Mimpi Anak Pulau ini dibintangi oleh Ray Sahetapy, Ananda Faturrahman,Herdin Hidayat, Keliek Soejanto, Daffa Permana, serta sejumlah bintang-bintang Malaysia, yakni Dato Tamimi Siregar dan Azrul Kamal.

Film ini resmi rilis di seluruh jaringan bioskop tanah air sejak 13 Agustus 2016 dan rencananya akan ditayangkan pula di negara serumpun seperti Malaysia, Singapura, serta Brunei Darussalam.[]

 

OFFCIAL TRAILER – MIMPI ANAK PULAU (2016)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *