Sinopsis Lasjkar di Tapal Batas : Karena Sejarah Tak Sebatas Kenangan

Lasjkar Di Tapal Batas-1pf-1

POSFILM.COM – Rumah produksi Bidar Batavia Group meluncurkan sebuah film sejarah yang berangkat dari kisah nyata, bertajuk “Lasjkar di Tapal Batas“.

Film besutan Bayu Prayogo ini mengangkat kisah nyata perjuangan rakyat Bogor, di era euforia kemerdekaan tahun 1945, kala Belanda berniat menjajah kembali Indonesia.

Disulut kemarahan yang luar biasa, rakyat Bogor pun dengan penuh sukarela menjadi pejuang demi mempertahankan kemerdakaan negeri ini.

Lantas, barisan pejuang tersebut membentuk kelompok-kelompok kecil yang akhirnya disebut “Lasjkar Rakjat” (sipil bersenjata).

Salah satu anggotanya bernama Tidjan (Gorz Kurniawan). Pemuda kelahiran tahun 1930 ini begitu prihatin dan teramat membenci Belanda.

Kemarahannya pun memuncak seiring dengan munculnya kejadian Rawadege, Karawang. Kejadian yang berlangsung pada akhir tahun 1947 itu membuat lebih dari 400 lebih rakyat jelata dibantai oleh Belanda.

Lasjkar Di Tapal Batas-poster

Tidjan geram! Serta merta, dirinya bergabung dengan Lasjkar Rakjat bersama ketiga sahabat karibnya sejak kecil yakni Enim, Anau serta Rais.

Di bawah kelompok Lasjkar Rakjat pimpinan Djulu, mereka meluncurkan aksi-aksi yang bagi mereka akan sangat merugikan pihak Belanda.

Di sisi lain, Tidjan tengah dilanda dilema. Di satu sisi, ia begitu bersemangat mengobarkan patriotismenya. Namun di sisi lain ada orang tua dan kekasihnya, Nonon (Tere Gunawan), yang tak mendukung keputusannya untuk ikut bertempur itu.

Kemudian, kisah ini dipadukan dengan kehidupan era sekarang. Adalah pemuda bernama Akbar (Arvin Ryan), lelaki yang punya sifat yang sama dengan Tidjan. Akbar dan Tidjan, keduanya merupakan pemuda pemberani, jago bela diri serta mengutamakan kesetiakawanan.

Sayangnya, Akbar gemar berkelahi alias tawuran. Hingga suatu hari, waktu mempertemukan Akbar dengan Nonon tua (Yati Surachman).

Lantas, apa yang terjadi dengan Akbar? Bagaimanakah cara Akbar memaknai sejarah yang sekdar untuk dikenang semata?

Film berdurasi 80 menit ini dibintangi oleh Gorz Kurniawan, Pong Hardjatmo, Yati Surachman, Wita KDI, Tere Gunawan serta Sonia Selvans.

POSFILM.COM turut serta sebagai media partner film ini. Rencananya, Lasjkar di Tapal Batas resmi tayang di seluruh bioskop tanah air pada Agustus 2016 mendatang.[*lopinta/pf]

 

Baca Juga :

 

OFFICIAL TRAILER – Lasjkar di Tapal Batas

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *