Sinopsis Film ‘Piper’ (2016): Pengetahuan Diperoleh dari Keberanian Mencoba

piper-2016-pf-1

POSFILM.COM – ‘Piper’ adalah film pendek animasi computer, yang cerita tidak saja menarik namun juga sangat mendidik. Kualitas gambarnya pun bagus. Film yang diproduksi oleh Pixar Animation Studios dan Walt Disney Studios ini disutradarai oleh  Alan Barillaro.

Film ini hanya memiliki durasi sekitar 6 menit, dengan tokoh utamanya seekor burung. Film pendek ‘Piper’ ini menceritakan pembalajaran bayi sandpiper yang lapar untuk mengatasi ketakutannya terhadap air.

Film ini sudah dirilis bulan Juli 2016 lalu. Inspirasi pembuatan film ini dari veteran Pixar animator dan sutradara Piper, Alan Barillaro, kurang dari satu mil jauhnya dari Pixar Stuidos di Emeryville, California,  berjalan bersama di sekitar pantai dan mendapat ide dengan melihat tingkah laku burung yang melarikan diri dari air tapi kembali antara gelombang untuk makan

piper-2016-2

Sinopsis

Film pendek ‘Piper’ menceritakan tentang seekor induk burung yang mencoba mengajari anaknya satu cara untuk menemukan makanan sendiri. Namun, dalam prosesnya , si anak burung mengalami sebuah pengalaman yang membuatnya traumatis, dan harus dapat si anak burung atasi karena harus bertahan hidup.

Diceritakan pula, sekelompok ‘sandpipers’ sedang memburu makanan di sebuah pantai. Para burung tersebut bergegas mematuk  makanan di pasir di saat gelobang surut, dan mundur ketika gelombang datang. Satu bayi burung didorong oleh ibunya untuk bergabung dengan kawanan burung tersebut, namun dia gagal untuk mundur saat gelombang datang sehingga menjadi basah kuyup.

Kejadian tersebut membuat si anak burung menjadi takut air, dan trauma. Ia menolak untuk meninggalkan sarang. Namun, kemudian ia mendapat pengetahuan dari sekelompak kelomang yang menggali pasir lebih dalam untuk menemukan makanan sekaligus menjaga  saat gelombang air pasang datang, dengan cara masuk ke dalam lubang tersebut.

piper-2016-3

Melihat cara kelompk kelomang mencari makanan dan tidak lari mundur saat gelombang air datang, dengan mengikuti cara para kelomang itu, si anak burung mulai menggali lobang lebih dalam dan masuk ke dalam lobang saat gelombang air, bahkan saat di dalam air si anak burung melihat keindahan dunia bawah laut, saat air laut surut kembali makanan yang dibawa gelombang tetap aman,  dan si anak burung menjadi terampil menemukan makanan, bahkan memberikan untuk kawanan burung.[]

 

Official Trailer – Film PIPER (2016)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *