Sinopsis Film Operation Chromite (2016) : Pengorbanan 8 Prajurit untuk Kemenangan Besar Pertempuran Incheon

Operation Chromite ( 2016 )-pf-1

POSFILM.COM – Operation Chromite (2016) adalah film Korea bergenre drama, action-war  yang digarap rumah produksi CJ Entertainment & Taewon Entertainment.

Film yang disutradarai oleh John H Lee dan naskah filmnya ditulis oleh Man-Hee Lee  ini dikenal juga dengan judul ‘Incheon Landing Operation’.

Film ini berdasarkan kisah nyata perang Korea yang mulai bergejolak antara tahun 1950 sampai 1953. Operation Chromite peristiwa yang dikenal juga sebagai Battle of Incheon (Pertempuran Incheon). Setelah Perang Korea pecah pada 25 Juni 1950, Operation Chromite menjadi kode nama dalam pertempuran Incheon yang terjadi pada 15 September 1950 dan berakhir 19 September.

Operation Chromite atau Pertempuran Incheon ditujukan untuk merebut kembali Kota Seoul, South Korea Capitol, melalui sebuah serangan mendadak dimana pasukan PBB mendarat di salah satu pelabuhan yang berada di Korea Selatan dan mendesak keluar pasukan Korea Utara.

Film ini berfokus pada Jendral  US Douglas MacArthur bersama dengan 8 anggota pasukan Korea Selatan. Menceritakan perjuangan 8 tentara Korea Selatan yang berjuang mati-matian dalam sebuah perang antara Korea Selatan dan Korea Utara, yang harus melaksanakan operasi rahasia dalam rangka untuk melaksanakan Incheon Landing Operation.

Film ini menampilkan pemain dari Korea: Jung-Jae Lee (Jang Hak-soo), Lee Bum-soo (Lim Gye-Jin), Jin Se-Yun (Han Chae-sun) dan juga aktor terkenal Hollywood Liam Neeson (Jenderal Douglas MacArthur), Sean Dulake (Lt. Col. Edward L. Rowny), Justin Rupple (Alexander Haig).

 Sinopsis

Film ‘Operation Chromite’ bercerita tentang Jendral Pasukan PBB yang bernama Douglas MacArthur ( Liam Neeson ) yang ditugaskan untuk mengerahkan pasukan militer untuk menghentikan agresi Korea Utara terhadap Korea Selatan pada 1950.

Operation Chromite ( 2016 )

Dalam menjalankan misinya agar menang perang Douglas MacArthur  membentuk sebuah tim operasi milter untuk menjalankan sebuah misi rahasia. ‘Operation Chromite’ adalah nama sandi operasi militer PBB tersebut.

Untuk mendukung berhasilnya sebuah serangan besar, diperlukan dukungan dari sekelompok Pasukan Khusus Korea Selatan, South Korean Navy Special Forces, yang dipimpin oleh Kapten Jang Hak-soo, dan unit KLO (Korean Liaison Office).

Tim ini bertugas dalam operasi rahasia, Operation Chromite, dan misi mereka adalah mengumpulkan informasi dari musuh di Incheon dan mendapatkan peta ranjau, menculik perwira nomor dua tertinggi di angkatan bersenjata Korea Utara untuk mendapatkan intel tentang lokasi ranjau laut, dan menyalakan lampu di mercu suar Palmido untuk memberi isyarat pada pasukan PBB.

Untuk dapat melakukan aksinya menyeludup ke dalam pusat komando angkatan darta Korea Utara di Incheon, mereka menyamar sebagai unit inspeksi Korea Utara.

Dalam menyelesaikan misi berisiko tersebut, Kapten Jang Hak-soo  dan timnya harus membuat pengorbanan yang luar biasa untuk memastikan kebebasan Korea Selatan. Perjuangan dari 8 tentara Korea Selatan yang memiliki peran penting dalam Pertempuran Incheon.[]

 

Judul Film : Operation Chromite (2016)

Jenis Film : Drama, Action, War

Durasi :

Sutradara : Lee Jae Han

Penulis Naskah : Man-Hee Lee, John H. Lee

Produksi : CJ Entertainment & Taewon Entertainment

Pemain : Liam Neeson, Seen Dulake, Lee Jung Jae, Justin Rupple, Dean Dawson, Lee Bum Soo, Jung Joon Ho, Jin Se Yun, Choo Sung Hoon

Rilis : September 2016 (Indonesia)

 

Official Trailer – Film Operation Chromite (2016)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *