Sinopsis Film 3 Dara Restorasi, Kala 3 Belia Mencari Cinta

Tiga Dara-Poster Film-Restorasi-pf-1

POSFILM.COM – Rumah produksi SA Films merestorasi salah satu film legendaris tanah air di masanya, bertajuk 3 Dara.

Film garapan sang bapak perfilman Indonesia, Usmar Ismail ini merupakan film drama musikal yang pertama kali dirilis untuk umum pada tahun 1956 silam.

Film ini sendiri sangat sukses secara komersial hingga ditayangkan selama delapan bulan berturut-turut di seluruh Indonesia di masanya itu serta menjadi trend-setter sosial dan budaya yang sangat berpengaruh pada kehidupan masyarakat Indonesia pada masa itu.

 

Sinopsis

Film ini berkisah tentang tiga saudari kandung bernama Nunung (Chitra Dewi), Nana (Mieke Wijaya) dan Nenny (Indriati Iskak). Ketiga bersaudari ini tinggal di Jakarta dan dibesarkan oleh nenek mereka (Fifi Young), setelah ibu ketiganya tutup usia.

Di Jakarta, tak hanya tinggal bersama nenek, mereka juga hidup bersama ayah mereka, Sukandar (Hassan Sanusi). Sayangnya, Sanusi terlalu sibuk dengan pekerjaannya sendiri demi menafkahi kehidupan mereka. Itu sebab, pengasuhan ketiga saudari lebih banyak dikerjakan oleh sang nenek.

Nenek mereka tak hentinya mencarikan jodoh untuk ketiga cucu perempuannya tersebut. Pasalnya, di masanya itu, anak gadis tak boleh lama-lama menunda rencana untuk segera menikah.

Hingga suatu ketika, ketiga bersaudari ini dilanda asmara di saat yang bersamaan, maka terjadilah kekacauan jenaka di antara mereka.

Konflik bermula ketika nenek meminta Sukandar untuk segera menikahkan Nunung yang sudah genap berusia 29 tahun. Setuju dengan saran sang ibunda, Sukandar pun mengundang rekan-rekannya ke rumah. Ketika mereka datang beberapa hari kemudian, Nunung mengesankan semua yang hadir dengan bermain piano dan bernyanyi.
Namun ternyata, tak satupun rekan-rekan Sukandar yang berhasil merebut perhatian Nunung.

Hingga kemudian, di sebuah pesta, sementara Nana berbaur dengan beberapa pria, Nunung tak ikut berbahagia. Kala ditanya mengapa ia telah kembali ke rumah, Nunung mengatakan pada neneknya bahwa dirinya merasa terlalu tua untuk berada di tengah kumpulan muda-mudi tersebut. Sementara Nenny yang tengah menguping, seketika berteriak bahwa nenek mereka berharap untuk menemukannya suami. Meskipun awalnya marah, akhirnya Nunung mengerti akan niat baik sang nenek.

3 Dara

Hari berikutnya, Nunung ditabrak oleh skuter milik Toto (Rendra Karno). Meskipun kakinya terluka, Nunung bersikeras untuk tetap naik becak dan menolak permohonan maaf dari Toto, apalagi niat baik Toto untuk mengantarkannya pulang.

Tak dinyana, tanpa sepengetahuan Nunung, dengan mengendarai skuter yang sempat menabraknya, ternyata Toto mengikuti becak yang ditumpangi oleh Nunung hingga ke rumah.

Dengan gagah layaknya seorang pria sejati, Toto bertamu ke rumah Nunung, memperkenalkan diri pada adik-adik Nunung dan Nenek. Tak lupa, Toto pun segera meminta maaf pada Nunung.

Marah dan tak terima dengan kedatangan mendadak Toto, Nunung pun menunjukkan sikap cuek, dingin dan tak bersahabat pada Toto. Meski demikian, keluarga Nunung langsung terpikat dengan niat tulus Toto. Bahkan Nana meminta Toto untuk rutin berkunjung.

Berkat kemunculan Toto, seketika juga, Herman, pria yang tengah mendekati Nana pun dihempaskannya jauh-jauh tanpa ampun. Sementara itu, melihat penolakan Nana, Nenny berusaha mendekatkan diri dengan Herman, pria yang tak disukai kakaknya itu.

Hingga suatu ketika, Nana, si anak tengah, mengumumkan pada keluarganya bahwa ia telah bertunangan dengan seorang pria dan siap untuk menikah. Itu berarti, pernikahan Nana akan ‘melangkahi’ si sulung, Nunung. Nenek pun seketika marah dan tak terima. Karena bagi nenek, hal tersebut tak sesuai dengan adat, dimana seharusnya anak menikah berdasarkan tingkat usia, mulai dari yang tertua hingga termuda.

Lantas, bagaimanakah nasib ketiga bersaudari tersebut? Bagaimana pula nasib cinta mereka dengan sang pujaan hati? Kepada pria yang mana hati mereka akan tertambat?

Film restorasi  4K 3 Dara merupakan film jaman dahulu yang ternyata masih relevan dengan masalah klasik di tengah masyarakat Indonesia, yakni soal perempuan yang terus didera pertanyaan dan permintaan untuk segera menikah.

3 Dara restorasi sendiri merupakan film drama musikal komedi yang resmi tayang di seluruh bioskop Indonesia pada 11 Agustus 2016 mendatang.[]

Baca Juga :

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *