SHAGGYDOG ROAD TO SXXW USA

Shaggy Dog Goes To Austin-USA-pf-1

 

POSFILM.COM – Shaggydog grup band bergenre Ska-Reggae kondang tanah air asal Yogyakarta, sore Ini berangkat Ke Austin, Texas, USA, untuk berkesempatan tampil dalam ajang internasional tahunan terbesar bertajuk South by Southwest (SXSW) Music Conference and Festival 2016 yang akan digelar pada tanggal 15-20 Maret 2016.

Suatu kebanggan bagi dunia musik Indonesia, para penggemar ska-reggae, juga para doggies (sebutan untuk fans Shaggydog), dimana Shaggydog akan bermain sejajar dengan band-band dunia lainnya, diantaranya Mercury Rev (band rock USA), NOFX (legenda Pop Punk), Aristophanes (rapper Taiwan). Suatu kebanggaan yang patut diacungi jempol, dimana Shaggydog sebagai satu-satunya wakil dari Indonesia yang akan tampil di SXSW 2016, dan ini akan menambah daftar konsistensi band dari Indonesia yang pernah berpartisipasi di event ini.

SXSW merupakan sebuah perhelatan akbar insan musik dan dunia hiburan yang diselenggarakan setiap tahunnya di Austin, Texas, USA. SXSW merupakan salah satu event yang paling dinantikan dimana akan ada sekitar 30.000 praktisi hiburan serta hampir 3.000 media massa yang berpartisipasi dalam setiap perhelatan akbar event ini yang sudah digelar sejak 1987. Semua hal yang terkait dengan industri musik dan hiburan ada di event ini mulai dari perusahaan pembuat alat musik, kritikus musik dan film, promotor, label, publisher, percetakan yang membuat cover album, sampai rumah produksi film.

Untuk memberikan dukungan pada Shaggydog, Rolling Stone Magazine dan Synchro ID, Jumat malam (11/3/2016) bertempat di Rolling Stone café, Jakarta, menggelar event konser dalam rangka pre event International tour keberangkatan mereka.

Shaggydog, band yang terbentuk pada 1 Juni 1997 di Sayidan, sebuah kampung yang terletak dipinggir sungai di tengah kota Yogyakarta, para personilnya sepakat menyebut musik yang mereka mainkan sebagai doggy stylee. Yaitu istilah mereka untuk menyebut aliran bermusik perpaduan beberap unsur music seperti ska, reggae, jazz, swing dan rock.

Shaggydog yang mengeluarkan debut albumnya pada tahun 1999 bertajuk ‘Shaggydog’, di SXSW nanti akan tampil sebanyak 2 kali, yaitu pada hari Kamis, 17 Maret dan pada haris Sabtu, 19 Maret, dengan durasi sekitar 40 menit tiap tampilnya.

“Untuk persiapannya tidak ada sesuatu yang special, juga termasuk wardrobe yang akan dipakai nanti saat manggung disana. Latihannya belajar dialog bahasa Inggris,” ucap Heru sang vokalis diiringi tawa sumringah rekan-rekan personil lainnya, saat konferensi pers di Rolling Stone Café, Jumat siang (11/3/2016)

“Kita hanya berlatih lagu-lagu yang akan dibawakan, termasuk juga akan membawakan beberapa lagu baru dan kita bawakan yang dalam bahasa Inggris. Tampil apa adanya, karena pihak panitia juga tidak mengharuskan lagu-lagu dalam bahasa Inggris,” lanjutnya.

Dalam lawatannya ke Amerika, Shaggydog, selain para personil, juga menyertakan sound enginer dan video dokumentasi. Rencananya mereka akan menghabiskan waktu 10 hari selama di Amerika. Menyaksikan band-band lain yang tampil di SXSW, juga perkembangan industri rekaman musik di sana.

Shaggydog grup band Indonesia yang namanya cukup dikenal di internasional, sebelumnya pernah beberapkali tampil diluar negeri. Diantaranya, tahun 2006 mereka diundang Festival Mundial Production untuk tour tunggal sebelas kota di negeri kincir angin, Belanda.  Tahun 2009, shaggydong diundang tampil di Australia pada acara Darwin Festival.[]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *