Sambut Hari Buku Nasional, Arie Kriting Himbau Masyarakat Sumbang Buku ke Indonesia Timur

Arie Kriting-2016-2

POSFILM.COM – Dalam rangka menyambut Hari Buku Nasional yang jatuh setiap 17 Mei, putra asli Papua sekaligus komedian, Arie Kriting, menghimbau masyarakat tergerak untuk sumbang buku ke daerah Indonesia timur.

“Masalah sebenarnya yang ada di Indonesia timur itu bukan apa yang Anda lihat di dalam layar, tapi yang terjadi sesungguhnya di sana. Jadi tolong, jangan hanya berhenti di layar bioskop semata,” kata Arie Kriting kala ditemui POSFILM.COM usai screening dan konferensi pers film “Aisyah Biarkan Kami Bersaudara” (ABKB) yang turut dibintanginya, di Epicentrum XXI Jakarta, pada Senin (15/5/2016).

“Kita harus ada tindakan konkrit. Jangan hanya banyak bicara tanpa ada aksi nyata,” imbuhnya.

Bukan tanpa sebab, menurut Arie kondisi masyarakat yang hidup di daerah Indonesia bagian timur begitu memprihatinkan. Ia menuturkan bahwa apa yang tergambar dalam film ABKB itu merupakan kondisi nyata yang tengah dialami masyarakat di sana.

Bahkan, ketika ditanya mengenai pesan moral apa yang didapatnya kala berlakon dalam film garapan Herwin Novianto itu, dengan lantang Arie menjawab tak ada satupun pelajaran hidup yang diterimanya.

“Kamu belajar ketika kamu belum pernah mengalaminya. Sedangkan saya, saya mengalami langsung hal tersebut. Terus mau belajar apa? (Dalam lakon di film ini) saya hanya merasakan kembali kejadian yang pernah saya alami dahulu,” ucapnya geram.

Itu sebab, besar harapan Arie agar usai menyaksikan film produksi Films One Production tersebut, masyarakat tak sebatas bersimpati, tapi juga punya aksi nyata membantu saudara-saudara sebangsa di daerah Indonesia timur.

“Jangan hanya keluar bioskop lalu ngtweet (berkicau di akun Twitter -red) ‘Aduh sedih ya filmnya, kasihan kehidupan di sana.’ Tapi lakukanlah sesuatu yang bermanfaat bagi masyarakat di daerah Indonesia timur. Sumbang buku misalnya. Jadi harus ada sikap konkrit!” tutup Arie.[]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *