Reza Rahadian, Cetak Sejarah Sebagai Aktor Indonesia Pertama Raih Best Actor Pada APFF 2017

reza

POSFILM.COM –  Sukses berperan menjadi sosok ‘Habibie’ pada film Rudy Habibie (2016) menjadikan Aktor Reza Rahardian meraih Best Actor dalam Asia Pacific Film Festival 2017 di Phnom Penh, Kamboja belum lama ini. Selain Reza penghargaan untuk Negara Indonesia diraih oleh Tya Subiakto dalam kategori Best Music pada film yang sama.

Atas keberhasilan tersebut respons positif datang dari BJ Habibie. Presiden RI ke-3 itu berencana menggelar syukuran khusus untuk merayakan kemenangan Reza tersebut.  Sebab, penghargaan itu berkat akting Reza yang memerankan karakter ‘Habibie’ dalam film Rudy Habibie.

Pria kelahiran 5 Maret 1987 ini tentu saja merasa bangga dengan apa yang didapat dari ajang ini. Baginya ini salah satu pengorbanan yang terbalas dengan apresiasi yang sangat luar biasa pada karirnya. Kebanggaannya karena menyabet gelar paling bergengsi ini, yaitu Best Actor dan jelas persaingan sangat ketat dari negara lain diantaranya seperti Bangladesh, Iran, Jepang, Macau, Tiongkok, hingga Rusia dan Australia.

Keberhasilan Reza menyabet gelar aktor terbaik dalam APFF ke-57 di Phnom Penh tersebut sekaligus membuatnya mencetak sejarah dalam artis peran Indonesia dalam ajang APFF yang telah diselanggarakan sejak 1954.

Reza berhasil menjadi aktor Indonesia pertama yang berhasil memenangi gelar aktor terbaik APFF. “Kenapa saya senang banget, karena Indonesia pertamakali mendapatkan Best Actor sepanjang Asia pacific Film Festival ini ada,” ujarnya dalam jumpa pers di kantor Sinematek Indonesia, Jakarta Selatan, Kamis (3/8/2017).

Berdasar informasi yang didapatnya, ia mengetahui bila Indonesia sudah beberapa kali masuk nominasi dan menang dalam kategori Best Actress. para aktris itu adalah Christine Hakim, Ria Irawan, Widyawati dan Prisia Nasution.

“Tapi buat Best Actor, ini yang pertama. Untuk menjadi yang pertama dalam sejarah keterlibatan Indonesia dalam APFF, buat saya itu kebanggaan tersendiri,” ungkapnya.

Rasa bangga atas keberhasilannya itu pun Reza persembahkan bukan cuma untuknya, tetapi juga untuk Indonesia. Terlebih bangsa Indonesia juga sebentar lagi akan merayakat hari kemederkaan.  [PF/ Pamela ]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *