Review ‘Jilbab Traveler : Love Sparks in Korea’, Kisah Cinta Ringan nan Memikat

Jilbab Traveler-Lopinta-PF-2016-1

POSFILM.COM – Rumah produksi Rapi Films meluncurkan karya teranyarnya bertajuk “Jilbab Traveler : Love Sparks in Korea”.

 

Sinopsis

 

Rania Samudra (Bunga Citra Lestari) ialah petualang hijaber yang hobi berkeliling dunia seorang diri. Hobinya tersebut bahkan dijadikannya profesi sebagai penulis travelling.

Lantas, karena suatu insiden, Rania memutuskan untuk berhenti dari hobinya itu. Ia memilih tinggal di rumah demi merawat sang ibu.

Padahal, dalam petualangannya, Rania sempat bertemu dengan Hyun Geun (Morgan Oey), cowok fotografer asal Korea Selatan yang meski ketus, namun mampu memikat Rania. Walaupun pertemuan perdana mereka diawali dengan ketegangan di antara keduanya.

Sementara di rumah, kakak-kakak Rania begitu bersemangat menjodohkan dirinya dengan Ilhan (Giring Ganesha), lelaki dewasa nan bijaksana.

Konflik pun mulai memuncak kala Rania dihadapkan pada beberapa pilihan. Pilihan untuk diam di rumah atau kembaki bertualang. Serta pilihan untuk melabuhkan cinta pada 2 pria yang muncul dalam hidupnya, Hyun Geun dan Ilhan.

 

 

Plus Minus

 

Jilbab Traveler-Lopinta-PF-2016-2

 

Sebagai film yang diangkat dari novel, tak mudah mengangkat kisah novel tersebut ke dalam wujud visual. Sebab, penggemar setia novel pasti akan punya ekspektasi tersendiri soal visualisasi kisah yang mereka baca.

Bagi para pembaca novel Jilbab Traveler, hendaknya tidak terlalu berpegang teguh pada imajinasi yang terbangun kala membaca karya Asma Nadia ini. Karena terdapat begitu banyak perubahan cerita di novel ketika diangkat ke filmnya.

Meski begitu, bagi yang belum pernah membaca novelnya, tak perlu khawatir. Film dengan tema ringan ini mampu menjelaskan jalan ceritanya sendiri secara mulus melalui pendadegan demi pengadegan.

Selain itu, walau yang sering digaung-gaungkan adalah genre drama romantis dengan sentuhan religi, nyatanya film ini juga punya sisipan komedi yang apik nan cerdas ala aktor sekaligus komedian Ringgo Agus Rahman. Tiap adegan yang diisi penampilan Ringgo terasa lebih hidup, ceria dan berwarna.

Selain itu, meski dikenal sebagai penyanyi, namun aksi Morgan Oey dan Giring Ganesha nyatanya mampu memikat mata penonton hingga muncul credit title di bagian akhir film. Sedangkan untuk nama Bunga Citra Lestari (Habibie & Ainun, My Stupid Boss, Saus Kacang) rasanya tak perlu diragukan lagi kemampuan actingnya.

Film yang mengambil lokasi pengambilan gambar di daerah Kawan Ijen dan Baluran (Indonesia) serta kota Seoul (Korea Selatan) ini menghadirkan pemandangan indah namun tak sekedar ‘adegan pemandangan’ tak bermakna. Nyatanya, pemandangan tersebut saling bersinergi dengan konflik tokoh di dalamnya.

Semuanya pas, tak ada yang berlebihan. Mulai dari aksi para pemain, konflik yang diramu, hingga pemandangan-pemandangan indah yang dihadirkan. Sepertinya tiap bagian-bagian dalam film ini punya sentuhan orang-orang tepat yang sanggup membungkus kisah ini dalam durasi 110 menit secara magis dan ciamik.

Sehingga dengan jalan cerita yang begitu ringan, dibalut dengan skenario ciamik milik Alim Sudio hingga lagu tema bertajuk “Aku Bisa Apa” yang dilantunkan Bunga, film ini punya kekuatan besar dalam memporakporandakan emosi penonton. Tak terasa, penonton akan dibawa hanyut dalam kisah cinta segitiga Rania, Ilhan dan Hyun Geun.

Pengorbanan cinta, keikhlasan serta kejujuran menjadi pesan moral dari film ini. Tak hanya itu, makna persahabatan, keluarga dan nilai-nilai agama dikemas dengan ringan sehingga tak terkesan menggurui.

Bahkan meski dikatakan sebagai film drama romantis, nyatanya tak ada sedikitpun kontak fisik antar pemain. Namun, para tokoh utama tetap sanggup membangun chemistry mereka hanya melalui bahasa tubuh, tatapan mata hingga dialog apik.

Sehingga, boleh dibilang, film ini merupakan wujud cinta seorang gadis petualang akan hobinya dan perhentian cintanya yang dikemas dengan baluran pemandangan Indonesia dan Korea Selatan nan ciamik serta aksi para pemain yang total, memikat dan sanggup membuat ‘baper’ (terbawa perasaan) penontonnya.

Film karya Guntur Soeharjanto ini diangkat dari novel semi biografi Asma Nadia yang naskahnya ditulis oleh Alim Sudio. Bergenre 110 menit, film ini dibintangi oleh Bunga Citra Lestari, Morgan Oey, Giring Ganesha, Ringfi Agus Rachman, Indra Bekti, Ferry Ardiansyah, serta Tasya Medina.

Jilbab Traveler : Love Sparks in Korea ini akam resmi tayang di seluruh bioskop tanah air pada 5 Juli 2016 mendatang, bertepatan dengan Hari Raya Idul Fitri 1437 Hijriah.[]

 

Berita Terkait :

Sinopsis Jilbab Traveler Love Sparks in Korea-titik henti cinta sang gadis petualang

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *