Review Ini Kisah Tiga Dara : Potret Wanita Single Mandiri Masa Kini

POSFILM.COM – Rumah produksi S.A Films menggandeng Kalyana Shira Films meluncurkan film drama musikal bertajuk Ini Kisah Tiga Dara yang terinspirasi dari Tiga Dara garapan Usmar Ismail pada tahun 1956 silam.

Sinopsis

Film Ini Kisah Tiga Dara sendiri bercerita soal tiga bersaudari yakni Gendhis (Shanty Paredes), Ella (Tara Basro) serta Bebe (Tatyana Akman). Ketiganya diboyong oleh ayah mereka, Krisna (Ray Sahetapy) ke timur Flores. Kepergian mereka ini untuk mengurus bisnis hotel keluarga di Maumere.

Hingga suatu saat, datanglah Oma (Titiek Puspa) yang mulai khawatir dengan kondisi ketiga cucunya. Oma merasa ketiga cucunya itu terlalu sibuk bekerja hingga lupa mencari pasangan. Oma menyalahkan Krisna yang sibuk bekerja dan tak memperhatikan ketiga cucunya.

 

Plus Minus

Konflik berkembang kala sikap Oma semakin menjadi dan memaksa ketiga cucu tercintanya itu untuk menikah. Beragam pria pun oma kenalkan pada mereka, terutama Gendhis, si sulung yang telah genap berusia 30 tahun.

Hingga suatu ketika, seorang pria, Yudha (Rio Dewanto), seorang pengusaha tampan nan mapan, tak sengaja menabrak Gendhis dengan motor besarnya. Kekesalan Gendhis pada Yudha terbawa hingga hotel kala ia menceritakan luka kecil yang dialaminya pada Oma, Ella dan Bebe.

Tak dinyana, Yudha sang pria tersebut mengikuti Gendhis hingga ke hotel. Gendhis yang kepalang kesal tak menggubris permohonan maaf Yudha. Sedangkan Ella, dengan sepenuh hati menyambut kedatangan Yudha dan jatuh hati sejak pertama kali bertemu dengan sosok pria tersebut.

Konflik pun kian memuncak seiring dengan Gendhis yang tak memahami perihal isi hatinya sendiri. Apalagi, deadline untuk secepatnya melepas masa lajang terus didengungkan Oma padanya. Sedangkan Ella, hatinya telah terpaut pada Yudha yang lebih menaruh hati pada Gendhis.

Sedangkan kehadiran turis bule bernama Erick (Richard Kyle) nyatanya sanggup menaklukan hati si bontot, Bebe. Lantas, konflik demi konflik memenuhi Ini Kisah Tiga Dara seiring dengan tuntutan Oma yang tiada henti soal pernikahan dalam keluarga, hingga ketiga bersaudari dengan pilihan hatinya masing-masing.

Boleh dikata, bicara Ini Kisah Tiga Dara, tak lepas dari pendahulunya yang jadi inspirasi utama lahirnya film ini, yaitu Tiga Dara. Baik film garapan Usmar Ismail maupun Nia Dinata ini sama-sama memotret kisah wanita lajang di penghujung usia yang sudah genting untuk secepatnya menanggalkan status single tersebut.

Namun, Nia Dinata menegaskan, “Ini bukan remake ya. Hanya inspired by. Jadi bukan remake dari Tiga Dara karya Usmar Ismail.” Sehingga, berangkat dari pernyataan tersebut, Ini Kisah Tiga Dara hanya punya sedikit kesamaan dengan Tiga Dara, namun selebihnya, kisah tiga bersaudari ini diadaptasi sesuai dengan era masa kini.

Ini Kisah Tiga Dara banyak mengangkat kisah soal perempuan independen, berani dan sedikit agresif, meski tidak vulgar. Hal ini tampak dari sikap karakter Ella dan Bebe yang mudah saja mendekati pria tanpa kikuk dan malu-malu.

Sebagai film drama musikal, nyatanya Ini Kisah Tiga Dara juga punya banyak sisi humoris yang terangkum dalam setiap celetukan khas oma yang kerap mengundang tawa, untuk penonton dari usia remaja hingga dewasa.

Setiap lagu tema yang mayoritas liriknya merupakan ciptaan Nia Dinata, terasa segar dan amat mendukung keseluruhan cerita film tersebut. Sehingga, lagu tak terkesan hanya ‘tempelan’ belaka, namun jadi bagian dari penguat cerita. Seperti lagu Anak Kedua yang dibawakan Tara Basro, terasa pas sekali dengan kondisi karakter Ella yang dibawakan Tara, apalagi ditunjang dengan gerak tari bak gadis yang tengah dirundung duka.

Untuk kualitas acting, Tara Basro terlihat lebih annoying bila dibandingkan dengan beberapa judul filmnya, seperti A Copy of Mind (2015) maupun Tiga Srikandi (2016). Sedangkan Shanty, sebagai si sulung, sanggup mengimbangi acting Titiek Puspa, Rio Dewanto (Filosofi Kopi, Hellogoodbye, Arisan! 2), maupun Ray Sahetapy (The Raid, Mimpi Anak Pulau). Sementara Tatyana Akman, sebagai pendatang baru yang dituntut turut bernyanyi dan menari bersama Shanty dan Tara, nyatanya sanggup mengimbangi aksi kedua kakaknya tersebut.

Kehadiran beberapa cameo seperti Joko Anwar maupun Cut Mini juga makin memeriahkan film ini. Apalagi, Reuben Elishama hadir bak lelaki sejati melalui karakternya yang sedikit tersembunyi dalam keseluruhan narasi, sanggup memberi warna tersendiri bagi Ini Kisah Tiga Dara.

Sehingga, bagi para single ladies tanah air, rasanya Ini Kisah Tiga Dara bagaikan komedi romantis yang siap menggelitik dengan kisah-kisahnya yang cukup relateable dengan kehidupan wanita mandiri masa kini yang terus dihujani pertanyaan, ‘Kapan kawin?’

Ini Kisah Tiga Dara sendiri dibintangi oleh Shanty Paredes, Tara Basro, Rio Dewanto, Tatyana Akman, Cut Mini, Joko Anwar, Ray Sahetapy, Reuben Elishama, Titiek Puspa, serta Richard Kyle.

Film ini resmi tayang di bioskop Indonesia pada 1 September 2016 mendatang.[]

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *