Review 3 Srikandi : Perjuangan Tiga Atlet Wanita Penuh Drama

3 Srikandi-poster film-pf-07 2016

POSFILM.COM – Kisah perjuangan tiga atlet panahan Indonesia yang sukses meraih medali pada Olimpiade Seoul 1988 silam diangkat ke versi layar lebar berjudul “3 Srikandi” yang resmi tayang pada 4 Agustus 2016.

Mengadaptasi kisah nyata ke dalam bentuk film layar lebar sebenanrya cukup riskan. Sebab, pada dasarnya, film akan menghilangkan salah satu kenikmatan utalama ini dari gambaran nyata yang selama ini ada, hidup, dan dimiliki masyarakat.

Karena itu, mengadopsi kisah nyata para atlet anak bangsa yang pernah mengharumkan nama Indonesia di masanya, hingga mencuri perhatian jutaan pasang mata, butuh kejelian agar tak mengecewakan penonton yang punya harapan besar.

Sinopsis

3-srikandi pemain

Film 3 Srikandi mengadopsi kisah nyata para atlet panahan tanah air yang pernah mengharumkan nama Indonesia yang bermimpi untuk mengikuti ajang bergengsi olahraga sedunia, Olimpiade di Seoul pada tahun 1988 silam.

Lantas, di bawah tempaan pelatih yang dikenal sebagai Robin Hood Indonesia, Donald Pandiangan (Reza Rahadian), ketiga putri terbaik putri bangsa itu, yakni Nurfitriyana (Bunga Citra Lestari), Lilies Handayani Chelsea Islan) dan Kusuma Wardani (Tara Basro) berjuang keras untuk mewujudkan impian mereka.

Plus Minus

Inti utama dari kisah 3 Srikandi ini menggambarkan tentang kegigihan tiga atlet muda, dengan segala aral melintang yang ada, demi menggapai cita-cita dambaan ketiganya.

Sayang, sebagai film yang digadang-gadang merupakan film bertema patriotisme, sporty dan berbau feminis, nyatanya film ini tak lebih dari drama tiga perempuan muda dan kehidupan atlet mereka.

Sehingga, boleh dibilang, film ini lebih menonjolkan bumbu drama daripada perjuangan inspirasi tanpa henti.

Memang harus dimaklumi, persoalan tentang mimpi yang ditentang orang tua, kekasih yang tak kunjung direstui, hingga dambaan hati yang merupakan musuh bebuyutan pelatih sendiri merupakan bumbu penyedap bagi film garapan Iman Brotoseno ini.

Namun sayangnya, justru bumbu penuh drama itu lebih punya porsi besar dalam konflik yang dibangun pada film ini, dibandingkan dengan cucuran peluh kala ketiga perempuan tangguh ini melatih fisik, kemampuan serta ketangkasan ketiganya dalam meluncurkan anak panah ke sasaran yang tepat.

Akan tetapi, terlepas dari drama yang dijunjungnya, film ini tetap wajib diapresiasi oleh penikmat film nasional.  Sebab, masih banyak hal menarik yang sayang untuk dilewatkan.

Misalnya saja, sebagai film berlatar tahun delapan puluhan, film ini menjanjikan kostum lucu dan manis dari setiap pemainnya. Kemudian, pemandangan indah dan warna-warna ciamik jadi nilai jual yang tak boleh dipandang sebelah mata.

Detail lain yang memanjakan telinga yakni pemilihan lagu-lagu pengiring yang disesuaikan dengan masanya, sehingga film ini akan banyak membawa memori masa lampau bagi pemuda-pemudi angkatan jadul (jaman dulu).

Pemain yang cukup menjanjikan di film ini juga harus dinobatkan pada Chelsea Islan. Mungkin bagi yang baru menyaksikan trailernya, Bunga dan Reza, pasangan Indonesian’s Sweetheart ini dirasa punya porsi menonjol, nyatanya nama penampilan Chelsea cukup memikat dengan aksen kental gadis Suroboyo miliknya.

Kemudian, yang jadi bagian istimewa dari film berdurasi 90 menit ini adalah pesan moral yang coba diangkatnya melalui drama kehidupan yang terpampang nyata dalam film bergenre drama-biopik ini.

3 Srikandi sendiri turut dibintangi sejumlah bintang ternama seperti Donny Damara, Indra Birowo, Mario Irwinsyah, Detri Warmanto, Rina Hasyim, Ivanka Suwandi serta Joshua Pandelaki.

Film produksi Multivision Plus ini resmi tayang di seluruh bioskop Indonesia pada 4 Agustus 2016 mendatang, bertepatan dengan mengenang kematian Donald Pandiangan (20 Agustus 2008), perayaan hari Kemerdekaan Indonesia (17 Agustus 1945) serta pelaksanaan Olimpiade Rio de Janeiro, Brasil pada 5 hingga 22 Agustus 2016.[]

 

Baca Juga :

 

OFFICIAL TRAILER – 3 SRIKANDI

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *