Perjuangan Produser Garap Film Dokudrama Pantjasila : Cita-Cita & Realita

Film Pantjasila-foto Lopinta-PF-05 2016-1

POSFILM.COM – Berawal dari gagasan sederhana, rumah produksi Geppetto Productions bekerjasama dengan Jakarta Media Syndication garap film dokudrama bertajuk “Pantja-Sila The Movie“.

Film dokumenter ini mereka ulang pidato ikonik Ir. Soekarno di depan Badan Penyelidik Usaha Kemerdekaan Indonesia pada tanggal 1 Juni 1945.

“Gagasannya sederhana. Banyak (fakta) yang kurang sesuai. Makanya, walaupun memulainya sungsansungbel (jatuh bangun -red), tapi kami melangkah saja dengan niat,” cerita Tino Saroengallo selaku produser dalam konferensi pers film tersebut di Lobby Teater Jakarta, Taman Ismail Marzuki, Jakarta pada Kamis (2/6/2016).

“Tidak ada arsip atau rekaman tentang pidato Bung Karno kala itu. Mereka yang jadi saksi dengan mendengarkan langsung kala itu juga mungkin sebagian besar telah meninggal,” sambung Tino.

Maka dari itu, meski jatuh bangun dalam proses pembuatannya, namun dengan tekat kuat serta bermodalkan koneksi pertemanan dimana-mana, membuat Tino dan Tio Pakusadewo percaya diri untuk menggarap film tersebut.

Walau keterbatasan dana membuat keduanya harus terus memutar otak demi terciptanya film ini, akhirnya kini keduanya bisa bernafas lega.

“Kalau ditanya faktor keberuntungan, mungkin (memang seperti itu),” lanjut Tino.

“Ini mungkin boleh dibilang film urunan. Soalnya prosesnya juga panjang. Kadang, ada saja pihak yang bilang mau crowd funding, tapi nyatanya bullshit,” cerita Tino.

Melalui perjalanan panjang, akhirnya terciptalah film berdurasi 79 menit ini yang akan membawa penonton kembali menyaksikan pidato menggelora Bung Karno tentang Pancasila. Filmnya sendiri resmi rilis pada 17 Agustus mendatang.[]

 

Berita Terkait :

Film Pantja-Sila-ternyata lahir di sebuah kedai kopi

Garap film Pantja-Sila Tyo Pakusadewo jadi Bung Karno

Cara Tyo Pakusadewo dalami peran Ir Soekarno

Perankan Bung Karno Tyo Pakusadewo punya pesan khusus bagi para aktor tanah air

 

 

PANTJA-SILA: Cita-Cita & Realita” (Official Teaser)

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *