Nostalgia Kota Jakarta dalam Film Tiga Dara

Restorasi Tiga Dara-pf-08 2016-HL

POSFILM.COM – Sebuah film yang cukup bersejarah bagi dunia perfilman tanah air bertajuk “Tiga Dara” (1956) kembali dirilis ulang secara komersil. Uniknya, film ini juga membawa nuansa nostalgia Jakarta pada masanya.

“Salah satu adegan di film itu syutingnya di Jalan Panglima Polim. Waktu itu Jalan Panglima Polim masih sepi sekali, tak seperti sekarang,” kenang Mieke Widjaya, salah seorang pemeran di film tersebut, kala diwawancara oleh salah satu stasiun televisi swasta beberapa waktu lalu.

Bagi Mike, hal tersebut menjadi keasyikan tersendiri bagi para penonton Tiga Dara. Sebab, penonton akan diajak menerka-nerka soal keberadaan lokasi yang ditampilkan dalam film tersebut.

Restorasi Tiga Dara-pf-08 2016-2
Salah satu adegan di Film Tiga Dara (1956), memperlihatkan suasana Jalan Panglima Polim, Kebayoran, jakarta Selatan /Ist

Senada dengan memori Mieke Widjaya, ungkapan yang sama juga dilontarkan oleh SA Films, rumah produksi yang berinsiatif mengagas restorasi Tiga Dara.

“Kita bisa melihat suasana kota Jakarta di masa lampau yang bahkan arsip visual semacam ini jarang kita dapatkan,” ujar Yoki P. Soufyan, perwakilan SA Films.

Apalagi ditambah dengan teknologi 4K, membuat tampilan gambar Tiga Dara menjadi lebih jelas.

“Misalnya salah satu adegan yang memperlihatkan Neni mengujungi bioskop Metropole. Ternyata, bioskop tersebu masih ada, berfungsi bahkan juga alami proses restorasi. Hal ini yang jadi sensasi tersendiri kala menikmati Tiga Dara,” tutup Yoki.

Film garapan sang bapak perfilman Indonesia, Usmar Ismail ini telah mengalami proses panjang restorasi dan kini siap dinikmati dalam format 4K.

Film yang menampilkan klasika Jakarta di masanya ini sudah dirilis di bioskop pada 11 Agustus 2016.[]

 

Tiga Dara | Official Trailer #TigaDara4K

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *