Nobar Film ’25 Hari di Eropa’, Anies Bawesdan: Cinta Indonesia Tanpa Syarat

anies-bawesdan-nobar-24-hari-di-eropa-pf-1

POSFILM.COM – Anies Bawesdan mantan Menteri Pendidikan yang kini  bersama Sandiga Uno, maju sebagai calon Gubenur DKI 2017, sebagai bentuk kepeduliannya terhadap perfilman nasional, Anies hadir nobar (nonton bareng) primiere film bertajuk ’25 Hari di Eropa’, karya terbaru Aditya Gumay.

Aditya Gumay yang selaku sutradara, penulis naskah dan produser dalam film ini mengaku film terbarunya ini adalah hasil ekplorasi ide dari tagline calon Gubernur DKI Jakarta, Anies Bawesdan. Aditya kemudian mengaplikasikan ide tersebut ke dalam cerita film yang digarap di luar negeri.

Anies Bawesdan dalam keterangannya kepada para wartawan mengatakan semasa menjadi menteri Pendidikan, dirinya memang ada rencana untuk bekerjasama dengan Aditya.

“Awalnya, obrolan terjadi pada saat saya menjadi menteri di tahun 2015 lalu, memang banyak yang mau dikerjakan salah satunya adalah kerjasama dengan Aditya. Meski serba sulit, uang minim secara bisnis, tapi bersama tim tidak berhenti bekerja untuk berkarya yang akhirnya jadilah film ini,” ungkap Anies di sela acara nobar primere film ’25 Hari di Eropa’, yang digelar di XXI Epicentrum, Kuningan, Jakarta Selatan.

“Meskipun sulit, saya tanya ‘Anda ini sebenarnya mencintai Indonesia tanpa syarat atau ada apa-apanya?’. Nah, Aditya bilang, ‘Pak, boleh tidak kata-kata itu saya pakai’. Ya saya bilang boleh saja,” tambah Anies.

Ditambahkan oleh Aditya, film bertajuk ’25 Hari di Eropa’ ini, sesungguhnya bisa dikatakan dibuat secara spontan, tanpa direncanakan.

Diceritakan oleh Aditya, awalnya para pemain berangkat ke Eropa hanya untuk mengikuti sebuah program yang disponsori oleh Kementrian Pemuda dan Olahraga. Selama kegiatan di sana itulah direkam oleh Aditya yang akhirnya menjadi sebuah film.

“Saat berada di Eropa, banyak sekali waktu luang, daripada hanya untuk jalan-jalan, saat itu saya juga bawa 3 kameraman dan audioman 2 tim. Itu menjadi perjalanan yang cukup lama,” tutur Aditya.

Sebagai bentuk rasa cinta terhadap Tanah Air, tagline dari cagub (calon gubernur) Anies Bawesdan dikemas dalam cerita film bergenre drama ini.

Adapun pemain dalam film terbarunya ini, Aditya menampilkan pemain baru dipadu dengan pemain senior diantaranya Ferry Salim, Nungky Kusumastuti, Atiek Kanser, grub band baru bernama HiVi.

Film ’25 Hari di Eropa’ inti kisahnya berfokus pada 11 orang remaja Indonesia yang berkelana dan menghabiskan waktu  mereka selama 25 hari di 4 negara di Eropa, yakni Belanda, Prancis, Jerman dan Swis. Ke-11 remaja ini berkegiatan memperkenalkan budaya Indonesia melalui  tari, musik dan lagu. Dalam keseharian aktivitas mereka tersebutlah muncul drama percintaan, persahabatan hingga persoalan keluarga menjadi warna dalam film ini.[]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *