Nia Dinata Tegaskan IKTD Bukan Remake Tiga Dara

POSFILM.COM – Sutradara Nia Dinata tegaskan film drama musikalnya bertajuk Ini Kisah Tiga Dara (IKTD) hanya terinspirasi dari film Tiga Dara garapan Usmar Ismail pada tahun 1956 silam. Menurut Nia, IKTD bukan film remake dari Tiga Dara.

“Ini kan terinpirasi. Ini bukan remake. Ini inspired by. Takut ya remake karya Usmar Ismail, hanya ternspirasi karya beliau. Jadi, namanya kreasi yang penuh kebebasan,” tutur Nia Dinata, dalam konferensi pers peluncuran film tersebut, di Plaza Indonesia XXI, Jakarta, pada Jumat (19/7/2016).

Menurut penuturan Nia, dirinya hanya terinspirasi atas adegan dalam Tiga Dara dimana seorang gadis bernama Nunung yang ditabrak oleh jejaka bernama Toto. Toto yang tengah mengendarai sebuah sekuter kala itu, tak sengaja menabrak Nunung yang sedang ingin naik ke atas becak, sepulangnya dari pasar.

“Tentu saja, adegan motor itu paling inspired. Orang mau naik becak, ketabrak motor. Aduh kapan aku kayak gitu, lucu banget. It’s every girl dream setiap nonton romantic comedy movies, kan,” imbuh Nia.

Berangkat dari adegan tersebut, serta penggalan lirik lagu tema film tersebut, maka Nia pun menghasilkan karya film Ini Kisah Tiga Dara produksi S.A Films bersama Kalyana Shira Films.

Pas dulu masih kecil, nonton Tiga Dara, enggak ada analisa apa-apa. Pas sekolah film, belajar membaca film, jadi timbul pertanyaan wah ini cewek-cewek (di film Tiga Dara) kerjanya apa ya, umurnya apa, achievement in life mereka ini apa,” tuturnya.

Kemudian, Nia pun memutuskan untuk menghasilkan Ini Kisah Tiga Dara dari sudut pandang perempuan modern masa kini yang juga fokus dengan karir dan kehidupan pribadinya, tak melulu dibutakan cinta belaka.

” Harus jadi pembeda nomor satu bahwa they have to have passion in their life. Mereka harus punya something, enggak hanya mengejar cinta. Maka, ketika nulis film ini, automatically aku mau Gendis jadi chef,  adiknya si Ella jadi PR (public relation) dan si bontot Bebe jadi english teacher.”

“Peran nenek juga di Tiga Dara enggak terlalu banyak porsi di film. Tapi di IKTD, women harus bisa dance terus. Just enjoy life, dance, make a movegive that positive energy ke layar. Perempuan harus punya passion,” tegas Nia.

Film Tiga Dara restorasi 4K sendiri telah tayang di seluruh bioskop Indonesia sejak 11 Agustus 2016. Sedangkan, Ini Kisah Tiga Dara dijadwalkan tayang di seluruh jaringan bioskop tanah air pada 1 September 2016 mendatang.[]

Baca juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *