Nia Dinata : “Kata LSF, IKTD Film Perempuan Agresif”

POSFILM.COM – Sutradara Nia Dinata kecewa dengan putusan Lembaga Sensor Film (LSF) yang mengklasifikasikan film drama musikal terbarunya berjudul Ini Kisah Tiga Dara sebagai film khusus dewasa dengan batas usia minimal 21 tahun.

“Kaget juga kenapa masuk kategori 21 tahun. Sudah diskusi sama tim LSF, kami berdialog pada tanggal 16 Agustus kemarin. Ternyata memang menurut LSF, kategorinya seperti itu dan sudah enggak bisa diganggu gugat lagi,” tutur Nia Dinata, dalam konferensi pers peluncuran film Ini Kisah Tiga Dara, di Plaza Indonesia XXI, Jakarta, pada Jumat (19/8/2016).

“Padahal ini kan bagus, film kekeluargaan, soal sisterhood. Tapi kata pihak LSF, terlalu agresif perempuan-perempuannya. Agresif loh ya, bukan vulgar. Jadi, kenapa perempuan enggak boleh ya agresif? Padahal ketika in love (jatuh cinta -red), bukannya bebas melakukan apa saja,” imbuh Nia.

Meski demikian, Nia mengaku tak mau banyak berdebat dengan pihak LSF dan pasrah menerima keputusan tersebut.

Namun, di hadapan awak media, Nia mempertanyakan pendapat rekan wartawan soal klasifikasi film produksi S.A Films bersama Kalyana Shira Films tersebut, “Pengen tahu, rekan pers, siapa yang setuju 17 ke atas, atau 21 tahun ke atas? Ridiculous (menggelikan -red) ya. Ini harusnya family movie saja, kan?”

Nia pun menuturkan kondisi kala ia melakukan diskusi dengan LSF soal pengklasifikasian filmnya tersebut. Menurut penuturannya, kala itu ada tujuh anggota badan sensor, beserta satu orang ketua. Kemudian, dua di antara anggota LSF tersebut merupakan perempuan.

“Yang dua perempuan itu setuju, harusnya bisa ditonton semua perempuan Indonesia. Karena film ini kan bicara soal gimana handle kehidupan percintaan, kehidupan keluarga, kakak-beradik, semuanya ada di sini. Tapi yang anggota (LSF) laki-lakinya yang memang keberatan (film IKTD dikategorikan 17 tahun ke atas). Insecure, ya, laki-laki itu. Ha-ha-ha,” tutup Nia seraya terbahak.

Ini Kisah Tiga Dara sendiri bercerita soal tiga anak perempuan dengan dilemanya masing-masing. Sejak ditinggal ibunya menikah, ketiga dara tersebut hidup bersama ibu dan omanya. Ketika beranjak dewasa dan punya kehidupan mapan, oma memaksa ketiga cucunya tersebut untuk segera menikah.

Film ini dibintangi oleh Shanty Paredes, Rio Dewanto, Tara Basro, Reuben Elishama, Ray Sahetapy, Joko Anwar, Cut Mini serta artis pendatang baru Richard Kyle dan Tatyana Akman.

Ini Kisah Tiga Dara resmi tayang di seluruh jaringan bioskop Indonesia pada 1 September 2016 mendatang.[]

Baca Juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *