Mona Ratuliu Ajarkan Tentang Indahnya Berbagi pada Anak-anaknya

Mona Ratuliu-pf

POSFILM.COM – Puasa tahun 2016 ini bagi artis seni peran Mona Ratuliu punya warna tersendiri dalam mendidik anak-anak nya khususnya dalam hal menanamkan pengertian tentang berbagi.

Menurut ibu tiga anak ini prinsip berbagi hatus ditanamkan semenjak kecil, terlebih lagi di saat bulan suci Ramadan. Nilai pahalanya berlipat ganda.

Bagi wanita kelahiran Jakarta, 31 Januari 1982 ini, kebiasaan berbagi bisa dijadikan mengasah emosi dalam diri. Karenanya semenjak dini, Mona mengenalkan indahnya berbagi kepada ketiga anaknya yakni Davina Syafa Felisa, Barata Rahadian Nezar dan Syanala kania Salsabila.

“Saya sering bilang kepada anak-anak, sebaik-baiknya manusia adalah manusia yang bermanfaat bagi manusia lainnya,” ujarnya

Mona memiliki cara tersendiri dalam mengajarkan makna berbagi. Tidak perlu secara teoritis, yang penting makna bisa dimengerti oleh anak-anaknya. Untuk menanamkan jiwa berbagi kepada anak-anaknya, Mona sering mengajak mereka untuk berbuka puasa bersama di lokasi syuting. Dari kegiatan tersebut mereka bisa melihat kehidupan luar yang begitu beragam, baik itu kaya atau miskin.

“Sengaja saya mau menanamkan jiwa memberi di diri mereka,” jelas Mona.

Selain dengan berbuaka puasa bersama di lokasi syuting, Mona juga sering mengajarkan ketiga anaknya berbagi dengan memasukan infak. “Bisa juga saat berbelanja di supermarket, terus aku menginfakkan sesuatu. Jadi aku kenalin itu ke mereka. Yan pasti tidak teoritis. Bisa dari cerita-cerita nabi yang related dengan kehidupan mereka juga,” tutur Mona.

Kesempatan tersebut biasanya dimanfaatkan oleh Mona untuk memberi pengertian kepada ketiga anaknya tentang arti berbagi.“Biasanya tuh memang ada momen khusus untuk bersedekah antau infak, kaya pas ulang tahun. Aku mengundang anak-anak yatim,” tandas Mona.[]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *