Menggarap ‘Cek Toko Sebelah’, Ernest: Lebih Menantang dan Lebih Menarik Ceritanya

Ernest Prakasa-foto Lopinta-PF-05 2016-1

POSFILM.COM – Sukses dengan film perdananya bertajuk ‘Ngenest’ (2015), film terbaru Ernest Prakasa bertajuk ‘Cek Toko Sebelah’ (CTS) akan tayang di bioskop pada Desember 2016.

Masih dengan genre yang sama, yakni drama komedi dan juga tetap dengan rumah produksi yang sama seperti film pertamanya, yaitu Starvision, Ernest juga berharap film keduanya ini dapat meraih sukses, menarik minat masyarakat untuk menontonnya.

Sukses film ‘Ngenest’ tentu saja ada memberikan beban tersendiri bagi Ernest. Dirinya mengaku ada standar yang ditingkatkan di film terbarunya ini.

“Dulu Ngenest itu film pertama saya dan ternyata dapat respon bagus. Jadi ekspektasi orang tentu akan lebih sama dengan CTS ini,” ujar Ernest saat konferensi pers film Cek Toko Sebelah, di Plaza Semanggi, Jakarta Selatan, Senin lalu.

“Ya, minimal hasilnya bisa sama dengan Ngenest untuk membayar kepercayaan produser dan lain-lain,” Ssambungnya.

Ernest mengatakan lebih tertantang menggarap ‘Cek Toko Sebelah’ karena bukan hasil adaptasi dari novel, seperti film Ngenest. Bahkan untuk memperkuat cerita, Ernest mengajak istrinya, Meira Anastasia dalam menulis cerita.

“Cerita yang dibangun memang berlatar kehidupan sehari-hari, dikemas ringan lewat komedi. Akan tetapi jauh berbeda dengan film sebelumnya. Ngenest itu diangkat dari kisah nyata dan sudah ada novelnya lebih dulu. Sementara CTS ini asli fiksi, dibikin dari 0 banget, dari kertas kosong, terus dikerjain dan dikembangin,” papar Meira.

Ernest mengaku, ide cerita Cek Toko Sebelah ini datang dari fenomena yang terjadi di sekitar keluarganya. “Banyak saudara-saudara, teman kuliah yang belajar ke luar negeri, tapi balik-balik malah disuruh ngurusin toko keluarga.”

“Bukan berarti ini negatif, ada yang terpaksa, ada juga yang dengan kerelaan hati, Cuma menurut gue ini fenomena yang unik saja untuk dijadikan ide cerita,” lanjutnya.

Ernest pun menjelaskan kenapa harus menggunakan judul ‘Cek Toko Sebelah’, beranjak dari keresahan anak muda keturunan Cina yang terkadang sudah jauh-jauh kuliah hingga ke luar negeri, balik-balik di suruh ngurusin toko juga.

“Kenapa judulnya Cek Toko Sebelah ya karena mudah diingat aja dan itu istilah yang sering dipakai banyak orang,”jawabnya sederhana.

Film Cek Toko Sebelah (CTS) inti ceritanya mengenai sebuah keluarga etnis Chinese berhasil sukses dengan berdagang, anaknya juga sukses. Hingga suatu ketika, ayahnya, Koh Afuk ingin mewariskan tokonya pada salah satu anaknya. Disinilah problematika cerita mulai berkembang.

Selain Ernest yang akan berperan sebagai Erwin, film ini turut dibintangi oleh Dion Wiyoko, Adinia Wirasti, Gisella Anastasia, Arafah, Tora Sudiro dan Chew Kin Wah.[]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *