Lewat AMI Award, Vienna Fridiana Ingin Lagu Daerah Makin Populer

Vienna Fridiana dt

POSFILM.COM – Vienna Fridiana, satu dari segelintir artis penyayi yang konsisten berupaya mempopulerkan lagu daerah. Melalui AMI Award ke-19 nanti, seniman sekaligus pengusaha ini ikut sebagai peserta AMI Awards 2016 kategori Lagu Daerah.

Penyanyi cantik sekaligus pebisnis yang bergerak di bidang property, dekorasi dan gallery budaya Indonesia dengan nama Vienna Gallery ini semakin memantapkan langkahnya dengan mengeluarkan album lagu daerah Sumatera Selatan, bertajuk ‘Dek Sangke’.

“Aku ikut mendaftarkan sebagai peserta AMI Awards kategori Lagu Daerah, maksudnya adalah agar lagu daerah khususnya lagu daerah Sumatera Selatan mendapatkan support dari masyarakat Indonesia khususnya masyarakat wong kito galo,” ujar Vienna saat ditemui di acara gathering pengurus baru AMI Awards 2016, di Hardrock Cafe, Jakarta Selatan, Rabu (22/6/2016).

Lagu ‘Dek Sangke’ merupakan lagu daerah Sumatera Selatan yang diciptakan oleh Samsudin Sholeh dan di arrangement kembali oleh salah satu personil 3 Composer, Tengku Syafick, dengan mengusung genre musik pop urban atau pop tradisional modern.

Vienna Fridiana

“Sudah waktunya bagi aku untuk bangga mengangkat dan melestarikan budaya tanah kelahiran aku, Palembang, Sumatera Selatan,” tandas pencipta lagu Cinta Indonesia itu.

Meski disibukkan dengan berbagai urusan bisnis, Vienna tak meninggalkan aktivitas sebagai penyanyi. Sudah dua kali pemilik nama lahir Fridiana Lirifa ini berduet dengan penyanyi Malaysia, tak heran jika namanya cukup dikenal di Negeri Jiran tersebut.

Wanita yang pernah menggeluti dunia modeling, akting, dan presenting, ini memiliki moto hidup yang cukup menarik dan inspiratif. “Hidup adalah sejarah. Bila kita wafat, kita hanya meninggalkan sejarah.Jadi kerjakanlah hal-hal positif, agar sejarah yang kita tonggalkan adalah sejarah yang indah,” ungkap sarjana Seni Desain Komunikasi Visual, Universitas Trisakti ini.

Ketertarikan Vienna terhadap dunia seni sudah tampak sejak masih kanak-kanak. Pada Tahun 1998 dan 2000, ia ikut pemilihan model majalah remaja, kemudian dari situlah ia mulai menjadi bintang iklan. Vienna terjun dalam dunia seni peran pada tahun 2002 dan langsung menjadi pemeran utama di sinetron “Sheila”.

Album perdananya, Kekasih Luar Biasa dirilis pada tahun 2011. Salah satu lagunya, “Seperti Dulu Lagi” yang dinyanyikan secara duet dengan Sabdhi Saddi, tak hanya dipromosikan di Indonesia, tapi juga di negara tetangga, yakni Malaysia.

Vienna juga seorang einterprenur, sejak tahun 2003 ia mengembangkan bisnis wedding dan produk bisnis budaya dengan nama Vienna Gallery untuk mengangkat budaya Indonesia. Tahun 2012, bintang iklan perbankan ini juga menciptakan lagu “Cinta Indonesia” yang sering dipakai pada acara pembukaan berbagai acara gala budaya Indonesia.

Pada tahun 2016, Vvienna membuat album daerah yang di dedikasikan untuk Sumatera Selatan dalam bentuk pop modern. Selain menyanyi,berbisnis Vienna telah membintangi lebih dari 40 iklan produk Indonesia sebagai bintang utama.

Perhelatan akbar AMI Awards ke-19 yang akan dilaksanakan pada 28 September 2016 mendatang, merupakan ajang penghargaan insan musik dan musisi Indonesia yang berprestasi yang akan digel dengan berbagai konsep yang menarik.

Dwiki Darmawan selaku Ketua Umum AMI Awards periode 2016-2020 yang menggantikan Tantowi Yahya, mengajak seluruh musisi Tanah Air untuk segera mendaftarkan karya mereka ke rumah AMI Awards ke-19. []

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *