(KPop), NCT127 Lewat Lagu Fire Truck, Lebih Hip-hop dari NCT U

NCT-KPop-2016-pf-1

POSFILM.COM – NCT (Neo Culture Technology) adalah sebuah proyek boyband dari SM Entertainment. Manajemen artis top di Korea itu yang punya konsep berbeda dari boyband kebanyakan.

NCT boyband yang siap dibongkar-pasang, punya member yang tidak terbatas dari Korea dan luar Korea, dan akan berpromosi dalam unit-unit yang berbeda.

Nah, unit pertamanya NCT U debut bulan April lalu dengan dua lagu yakni ‘The 7th Sense’ dan ‘Without U’.

Juli ini, unit lain dari Neo Culture Technology (NCT) pun secara resmi debut dengan nama NCT127. Nama NCT127 ini terinspirasi garis bujur kota Seoul. Sehingga NCT127 diresmikan sebagai sub-unit Seoul dari proyek Neo Culture Technology.

Seperti dijelaskan oleh founder SM Entertainment, Lee Soo Man, bahwa NCT akan punya sub-unit di berbagai region. Setelah Seoul, diharapkan akan ada sub-unit Tiongkok, Jepang, Amerika Selatan, bahkan mungkin Thailand. Atau bisa jadi juga Indonesia!

NCT-KPop-2016-pf-2
Atas: Haechan/Donghyuck, Jaehyun, Taeyong | Bawah: WinWin, Taeil, Yuta, Mark

 

NCT127 dengan formasi tujuh member, beberapa wajah familiar di NCT U juga muncul lagi sebagai personel NCT127. Di antaranya adalah Taeil, Taeyong, Jaehyun dan Mark. Doyoung dan Ten yang sebelumnya debut bareng di NCT U tidak tergabung dalam sub-unit ini.

Sementara tiga member lainnya dicomot dari SM ROOKIES yang sudah diperkenalkan sejak lama yaitu Yuta (asal Jepang), WinWin (asal Tiongkok) dan Donghyuck (asal Korea) yang harus menggunakan nama panggung Haechan untuk debutnya bersama NCT127.

Jika NCT U hanya meluncurkan dua single debut, NCT127 hadir dengan sebuah album mini. Bertajuk ‘NCT #127’, yang akan dirilis pada 10 Juli mendatang. Tetapi lagu andalan untuk album tersebut yaitu ‘Fire Truck‘ sudah meluncur bersama dengan video musiknya di YouTube resmi SMTOWN pada Kamis (7/6/2016).

Lewat NCT, SM yang selama ini selalu kental dengan lagu-lagu pop berusaha menjajal genre hip-hop. Seperti lagu debut NCT U yang mengusung future bass sebagai jalur musiknya. Meski belakangan memang manajemen Lee Soo Man ini tengah gandrung dengan lagu-lagu EDM, nampaknya konsep hip-hop masih berusaha untuk ditunjukkan lewat NCT127. Sehingga lagu berjudul ‘Fire Truck‘ ini kental dengan nuansa musik yang berasal dari Amerika sejak 1970-an itu.

“Lagu ini merupakan track heavy-beat yang menggabungkan antara hip-hop dan trap,” tulis manajemen di deskripsi video musik berdurasi 3 menit 17 detik di YouTube yang sudah ditonton lebih dari 470 ribu kali sejak perilisannya.

Tak ada lagu artis SM yang hip-hop berat seperti ini sebelumnya. Meski Taeyong (yang sejak awal diperkenalkan sebagai rapper) tampak mendominasi dengan rap-nya, namun di lagu ini para member lain yang bertugas sebagai vokalis seperti Jaehyun dan Taeil juga tak mau ketinggalan untuk menunjukkan kemampuan rap mereka. Mark yang di NCT U juga menampilkan performa rap yang oke, kembali nge rap di lagu ini.

Meski porsi menyanyi mereka tak sebanyak dua rapper yang disebutkan sebelumnya, Yuta dan Donghyuck berusaha tampil sebaik mungkin. Sementara WinWin tampaknya tidak mendapatkan bagian yang terlalu signifikan.

‘Fire Truck’ memiliki lirik yang berusaha menyampaikan ke pendengar untuk lebih santai dan tidak stres karena kesibukan sehari-hari. Lirik lagunya digambarkan dalam video dengan visual para personel NCT127 yang bersenang-senang dengan semprotan pemadam kebakaran di berbagai lokasi mulai kolam pasir, sekolah, sampai tempat kerja. Dari awal sampai akhir karakter dalam videonya berkembang dari anak-anak sampai menjadi lansia.

NCT127 membawakan genre yang beragam di album debut mereka nanti. Namun fans tampaknya harus menunggu lebih lama untuk bisa mendengarkannya.[]

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *