Kado Hari Film Nasional, Sutradara Natasha Dematra Raih Penghargaan Sir Edmund Hillary

Natasha Dematra-Raih Sir Edmund Hillary-2017-pf

POSFILM.COM – Sebagai kado pada Hari Film Nasional (30/3/17), kabar gembira datang dari salah satu putri kebanggaan Indonesia. Adalah film Tears Of Ghost karya sutradara perempuan termuda di dunia, Natasha Dematra meraih penghargaan Sir Edmund Hillary. Demikian press release yang diterima posfilm.com , Kamis (30/3/2017)

Mountain Film Festival di Amerika Serikat menganugerahkan penghargaan ini kepada film yang dianggap merepresentasikan Sir Edmund Hillary, dalam film maupun dalam proses pembuatannya. Festival yang telah berdiri selama 10 tahun tersebut menambahkan bahwa film Tears Of Ghost merupakan sebuah simbol karya generasi muda yang patut diapresiasi.

Sir Edmund Hillary sendiri dikenal sebagai pendaki pertama Mount Everest. Keberhasilan Sir Edmund Hillary tersebut menjadi sebuah hal yang sangat menginspirasi dan dianggap sebagai cahaya yang dapat menghidupkan kepercayaan diri dunia mengingat kejadian tersebut terjadi di masa-masa berakhirnya Perang Dunia II. Nama, Sir Edmund Hillary terus dikenang hingga kini dan dianggap sebagai simbol pantang menyerah.

Natasha Dematra sendiri mengatakan “Bertepatan dengan Hari Film Nasional, saya persembahkan penghargaan Sir Edmund Hillary kepada seluruh generasi muda agar tidak takut bermimpi dan menggapai cita-cita mereka. Karena seperti kata sang penakluk gunung Everest; “Bukan gunung yang kita taklukkan, tapi diri kita sendiri.”

Hari Film Nasional sendiri selalu diperingati pada tanggal 30 Maret karena pada tanggal 30 Maret 1950 adalah hari pertama pengambilan gambar film Darah & Doa karya sutradara Usmar Ismail.

Film Tears Of Ghost telah meraih puluhan penghargaan sejak pertama kali diluncurkan di Asia Pacific Filmmaker Festival pada tahun 2015 lalu ini merupakan film yang menghantar Natasha Dematra meraih penghargaan Sutradara Pendatang baru dari American Movie Awards, Juara Umum di Amsterdam Film Festival, 3 Medali Emas dari International Independent Film Awards, 5 nominasi di London International Film Festival dan masih banyak penghargaan lainnya, dll.

Film Tears Of Ghost sendiri berkisah tentang seorang arsitek muda yang sedang mengerjakan proyek kuliahnya lewat sebuah rumah yang baru setengah jadi, yang ternyata menyimpan banyak rahasia gelap. Film psikologi thriller ini dibintangi oleh Natasha Dematra, Pagitha Ross, Herdi Bagus, Roman Dman, Ageng Kiwi, Abah Ukam, Novitasari, Rona Aronna, R. Dino Payapo dll. Adapun penggarapan soundtrack dan musik film ditangani oleh duo seniman Natasha Dematra bersama Abah Ukam.[]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *