Joko Anwar : “Prenjak, Film Pertama Indonesia yang Juarai Cannes 2016!”

prenjak hl

POSFILM.COM – Sutradara film Joko Anwar mendeklarasikan kebanggannya atas kemenangan film Indonesia “Prenjak” di festival perfilman paling bergengsi sedunia, Cannes 2016.

“Prenjak film pendek @Wregas Bhanuteja menang di Le Semaine de la Critique Cannes. Pertama kalinya untuk film Indonesia,” kicau Joko Anwar dalam akun twitter pribadinya @jokoanwar pada Jumat (20/5/2016).

 

Prenjak-Screenshot_2016-05-20-19-34-28

Dalam kicauannya tersebut, Joko menuturkan bahwa dirinya pernah berkesempatan untuk turut menyaksikan pemutaran film Prenjak di ajang penghargaan Cannes. Baginya, film tersebut memang layak keluar sebagai juara.

 

 

“Prenjak memberikan storytelling yang menarik dengan penyutradaraan yang apik. Witty, dan yang paling jarang di perfilman Indonesia : nakal,” puji Joko masih dalam akun twitternya.

Bagi Joko Anwar, kemenangan Prenjak di Cannes bukan hanya penting sebagai film perdana tanah air yang sukses menembus ajang bergengsi tersebut. Menurutnya, kemenangan film pendek garapan Wregas Bhatuneja ini juga dapat menjadi dorongan bagi sineas Indonesia agar lebih berani berkarya.

 

 

 

Prenjak-IMG_20160520_200429

 

Joko pun menambahkan, jika diibaratkan dengan buku, hendaknya film juga difungsikan untuk memperluas cakrawala berpikir. Demi memenuhi ekspektasi tersebut, sebaiknya film diberikan kebebasan dalam proses penciptaannya.

“Jargon-jargon usang seperti film harus mendidik dan film harus punya pesan moral itu harus ditinggalkan karena tiap film memberikan pelajaran hidup,” kicau Joko.[]

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *