Jihad Selfie, Film Dokumenter Perekrutan Remaja Kelompok ISIS

Jihad Selfie-2016

POSFILM.COM Jihad Selfie adalah film dokumenter yang dibuat secara riil tanpa melalui skenario. Inti dari film ini adalah fakta perekrutan kelompok teroris atau kelompok radikal dalam hal ini ISIS (Islamic State in Iraq and Syria) yang kini menggunakan sosial media, seperti Facebook, Twitter, WhatsApp, Instagram dan Skype.

Noor Huda selaku sutradara sekaligus produser mencoba untuk membeberkan perekrutan teroris tersebut lewat sosial media dari salah satu remaja 17 Tahun asal Aceh bernama Teuku Akbar Maulana yang mendapatkan beasiswa belajar agama di Turki.

Pada 2014, secara tak sengaja, Noor Huda mendapati Akbar yang saat itu di sebuah warung di Turki tengah galau saat melihat swafoto beberapa temannya asal Indonesia yang bergabung di ISIS tengah memanggul senapan M-16. Akbar pun mulai terpikat dan ingin ikut bergabung ke ISIS.

Dari pertemuan dengan Akbar inilah, Noor Huda yang mencoba menyadarkan dan memulangkan Akbar ke Indonesia. Kemudian mulai dikonsep sebuah film dokumenter berjudul Jihad Selfie ini, yang baru syuting pada Maret 2015 hingga berakhir pada Juni 2016.

Oleh mahasiswa PhD asal Indonesia ini, semua adegan dalam film berdurasi 49 menit ini adalah murni adegan nyata. Hanya adegan pertemuan dengan Akbar saja yang direka ulang oleh rumah produksi Prasasti Production.

“Akbar, ketika saya wawancara, enggak pernah satupun mengatakan alasannya karena Allah. ‘Karen kali dia bawa tembak. Itu, jadi anak-anak senang, kan, seragame. Kalau dia anak 17 tahun, membayangkan dan ingin jadi TNI, dia tidak disebut teroris. Cuma, orang selalu mengatakan, orang seperti Akbar ini disebut radikal,” kata Noor dalam  diskusi film Jihad Selfie, di Balai Muhammadiyah, Solo, Jawa Tengah pada Jumat (29/7/2016), seperti dilansir dari akun youtube Muhammadiyah Solo.

“Kalau saya itu (mengatakan), ini adalah anak muda yang mencari jati diri. Kebetulan aja dia pakai Allahuakbar, disebut teroris. Padahal, gelombangnya itu sama. (Anak muda) ingin pakai seragam dan juga pakai tembak (senapan). Kira-kira begitu,” tutup Noor.

Trailer Jihad Selfie sendiri dibuka dengan pernyataan Akbar yang berbunyi,

Namaku Teuku Akbar Maulana. Umurku baru 17 tahun. Aku berasal dari desa terpencil di Aceh.
 Melalui selfie di akun facebooknya, ia bersama ISIS.“[]

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *