Irma June Diajak Sepupu Whitney Houston Go Internasional

Irma June-diwawancarai VOA

POSFILM.COM – Irma June, penyanyi legendaris Indonesia yang sempat menghilang selama delapan belas tahun dari blantika musik Tanah Air. Namun bukan berarti berhenti bernyanyi. Buktinya, bulan Januari 2017 ini sudah berada di Amerika untuk jalani proses  penggarapan album lagu terbarunya di Nashville, kota musik Amerika.

Kembalinya Irma June di dunia musik ditandai dengan peluncuran lagu terbarunya, It’s Me. Lagu ini telah dirilis pada bulan November 2016 lalu., bernuansa disko era delapanpuluhan, namun dikemas dengan aransemen musik kekinian, digarap oleh mas Roedy dan mas Iman (Engineer)  di studio rekaman Spoon Master  dan dimastering di Nashville – Amerika.

“Keputusan saya untuk berhenti dalam karir musik pada tahun 1998 itu, semata-mata hanyalah karena keinginan saya sendiri, dengan maksud agar lebih fokus mengurus keluarga. Namun, bukan berarti saya vakum total, selama itu saya masih nyanyi pada acara-acara tertentu, dan juga menjadi penyanyi gospel. Dan yang membuat saya kembali ke dunia musik pada hari ini adalah mimpi, dan suami saya sangat mendukung,” kata Irma June, ketika kami wawancarai lewat akun WhatsApp-nya, 12/01/2016.

Irma June pernah mengukir karir musik di Indonesia pada era delapanpuluhan hingga sembilanpuluhan, sebagai salah seorang penyanyi solo wanita sukses lewat genre jazz. Pada saat itu, musik jazz tengah dirajai oleh grup-grup musik, namun Irma June mampu mendapat tempat di hati para penikmat musik di Tanah Air.

Keinginan untuk menempuh jalur musik dunia, bukanlah hal yang mendadak bagi Irma June.

“Semuanya dimulai waktu saya dan suami menekuni bisnis teknologi yang Head Office-nya di Amerika, 5 tahun yang lalu. Kami kenalan dengan rekan di bisnis yang sama waktu kami kunjungan ke Amerika, dan ternyata ia seorang musisi. Terus ia minta suami saya untuk kirim video saya, dan waktu pulang ke Indonesia suami saya langsung kirim. Sekitar 3 tahun kami nggak dapat respon balik dari orang tersebut dan akhirnya saya juga nggak berharap banyak dari situ. Tapi ternyata kiriman video tersebut nggak sampai. Kami baru tahu setelah suami saya coba menghubungi  lagi orang itu, tanpa sepengetahuan saya,” tutur Irma June.

Irma June melanjutkan, “Akhirnya suami saya kirim ulang videonya dan langsung direspon dalam kurang dari 24 jam. Terus rekan kami itu kirim video saya ke rekannya lagi, yang ternyata adalah sepupu penyanyi legendaris dunia, Whitney Houston, dan mereka suka dengan cara saya bernyanyi.”

Singkat cerita dari Irma June, “Mereka undang saya ke Amerika untuk kerjasama rekaman dengan mereka. Mereka sudah kirim bentuk kerjasamanya, hanya saja saya belum mau tandatangan dulu, karena saya mau lebih mempelajari lagi situasi dan kondisinya secara langsung di sana. Itu sebabnya saya ada di Amerika saat ini.”

“Jadi tawaran dari Amerika itulah yang membuat saya mau kembali ke industri musik. Karena tawaran ini membangkitkan kembali impian masa kecil saya untuk berkarir di Amerika. Terlepas dari apakah saya jadi bekerjasama dengan mereka atau tidak, that doesn’t matter. Bagi saya, kalau Tuhan sudah buka jalan untuk saya mewujudkan impian masa kecil saya di Amerika, for somehow, pasti ada jalan yang terbuka.”

Sebelum menutup wawancara, Irma June menyapa para penggemar setianya, “Thanks for the support guys! Saya menyadari, kembalinya saya ke industri setelah vakum selama 18 tahun bukanlah hal yang mudah, ada banyak hal yang harus saya pelajari lagi dan saya bersedia memulainya dari zero kembali. I hope you guys will always stay with me along my new journey. Love you all!.” [PF/Muhammad Fadhli]

Lagu It’s Me dari Irma June sudah bisa kita nikmati lewat channel Irma June di YouTube.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *