Inilah Single Perdana Chikita Rosemarie !

chiki-pf

POSFILM.COM – Chikita Rosemarie merilis single dan video klip “Kembali”, hasil kolaburasi dengan musisi handal Junior Sumantri. Lagu melankolis ini memiliki lirik dengan pesan dan makna mendalam untuk menghadirkan empowerment alias pemberdayaan.

Lagu “Kembali” merupakan hasil kolaborasi ciamik antara Chikita dan Junior Sumantri yang dikemas dalam nuansa musik pop jazz, easy listening. Lirik yang ditulis Chikita dalam lagu ini pun sederhana, indah, melankolis, namun sarat pesan dan makna.

“Membuat lirik sederhana yang mampu menggambarkan perasaan hati, pikiran, dan sarat makna adalah tantangan. Saya bersyukur dapat menjawab tantangan yang datang dari sahabat baik sekaligus mentor saya, Junior Sumantri,” ujar Chiki, sapaan akrab semifinalis Abang None Jakarta Selatan tahun 2012 ini di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (28/2/2017).

Proses penulisan dan produksi single “Kembali” diakui oleh Chiki cukup memakan waktu dan tenaganya. Selesai menulis lirik di bulan April 2016 adalah awal mula kolaborasi selanjutnya dengan Junior Sumantri mengerjakan musik lagu `Kembali` dalam studio rekaman.

“Proses lahirnya lagu ini memakan waktu agak lama. Karena saya pribadi pun memang aktif bekerja di industri kreatif, ditambah saya sendiri memang seorang ibu yang kala itu masih menyusui putra saya yang masih berusia 1,5 tahun,” ungkap Chiki.

Secara runut Chiki memaparkan, dirinya take vokal dan instrumen di bulan Oktober 2016, kemudian mixing dan mastering di bulan Desember, Ialu dilanjut persiapan serta syuting videoklip di Bali pada bulan Januari 2017.

Dorongan untuk segera mewujudkan single ini begitu besar dirasakan oleh Chikita sebab ia percaya bahwa pengetahuan yang bersifat eksperiental adalah sesuatu yang harus dibagikan. Oleh karena itulah Chikita membutuhkan keberanian dan waktu yang cukup lama dalam mengungkapkan segala perasaan den realitas untuk lagu ini.

Hadirnya, lagu “Kembali” ke dunia musik lndonesia yang sarat dengan pesan empowerment diharapkan bisa diterima, didengarkan dan dinikmati oleh siapa pun khususnya bagi mereka yang bisa merelasikan pengalaman hidup pribadinya dengan Iagu ini.

“Bagi saya, lagu ini sangat berarti dan sangat personal sehingga ketika orang lain mendengarkannya, ia bisa juga merasakan apa yang saya rasakan dengan mencermati liriknya,” ujar Chiki.

Keberadaan sosok Junior Sumantri diakui Chiki memiliki andil sangat besar dalam proses kreatif Chiki hingga menghasilkan single “Kembali” ini. Perkenalan Chiki dengan musisi handal yang biasa disapa Mas Kelik ini terjadi di tahun 2009. Saat itu Chiki menjadi backing vokal grup band milik Junior Sumantri.

“Saya pernah menjadi backing vokal band Mas Kelik. Nah, itu pertama kalinya saya bertemu dia. Saat itu saya sudah banyak mendapat informasi bahwa dia adalah seorang musisi handal. Sejak pertama bertemu kita sering bertukar fikiran dalam soal bermusik,” papar Chiki.

Saat itu menurut Chiki, dirinya belum produktif menulis lirik lagu. Namun dirinya sudah terbiasa menulis puisi. “Sejak kecil saya suka menulis puisi,” akunya.

Selain sebagai mentor dan sahabat dekat, ada beberapa alasan mengapa Chiki memilih berkolaburasi dengan Junior Sumantri, diantaranya kapasitas dan kepercayaan.

“Kenapa dia, pertama karena saya pernah bekerja sama dengan dia, saya kenal dia sudah lama, saya tahu karakter bermusik dia dan dia juga tahu kapasitas saya. Kedua, dia adalah orang yang memberikan afirmasi bahwa saya mampu menulis lirik dengan baik sebelum orang lain bilang saya mampu. Bagi saya, avirmasi itu merupakan bentuk kepercayaannya kepada saya,” jelas Chiki.

Dalam hubungan pekerjaan, bisnis, atau apapun bidangnya, menurut Chiki yang paling diutamakan adalah kepercayaan. “Jadi saya percaya dengan dia dan dia percaya kepada saya. Dan itu yang akhirnya membuat saya yakin bahwa saya harus bekerja sama dengan dia untuk membuat single saya. Dan menurut saya, pilihan saya berkolanbuarsi dengan Mas Kelik sudah tepat,” tandas Chiki.

chiki-ins

Prestasi Internasional
Penyanyi cantik ini lahir di Jakarta, 8 Mei 1989. Putri ketiga dari tiga bersaudara ini tumbuh dan besar di area Jakarta Selatan dan Tangerang Selatan.

Ketertarikannya terhadap dunia musik berawal dari aktifitasnya menyanyi di gereja. Kemudian, ia memutuskan untuk mengembangkan talentanya di Elfa Music School sejak usia 13 tahun. Sebelumnya, ia pun pernah mempelajari alat musik drum dan piano klasik.

Dengan basis pengetahuan musik inilah Chiki mulai berkiprah di bidang musik. Prestasinya di bidang musik antara lain adalah menjadi delegasi Indonesia di “International Choral Festival; A Voyage of Songs 2007” yang diselenggarakan di Pattaya, Thailand. Diajang itu, ia bersama timnya meraih Silver Medal.

Chiki juga pernah terpilih sebagai delegasi Indonesia di ajang “World Choir Games 2006” yang diselenggarakan di Xian Men, China bersama tim Elfa Music School di bawah asuhan musisi legendaris Elfa Secioria (Alm).

Ia juga pernah tergabung dalam Paduan Suara Paragita Universitas Indonesia, Ketua Friendsclub Elfa Music School Fatmawati, dan menjadi backing vocal dari Band “Sounerie”, serta lead vocal di band Maxxicompo.

Ibu satu anak ini yang sempat menjadi semifinalis Abang None Jakarta Selatan tahun 2012 ini juga memiliki hobi menulis dan punya ketertarikan besar pada kajian ilmu-ilmu sosial, berkat pendidikan yang ditempuhnya di Jurusan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia.

Selama kuliah, ia pernah menjadi asisten dosen untuk mata kuliah Sosiologi Pedesaan di bawah asuhan Prof. Robert M.Z. Lawang, aktif sebagai tim peneliti Sosiologi Agama bersama Dr. Ery Seda, serta pengurus Yayasan Lingkungan Lantan Bentala. Ia juga merupakan salah satu pionir acara tahunan Social Urban Art Festival serta Simposium Mahasiswa Sosiologi Nasional yang diadakan pada tahun 2010 di Universitas Indonesia.[]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *