Ini Resep Sedehana GOD BLESS Awet Bertahan Selama 43 Tahun

god-bless-gelar-syukuran-album-ke-7

POSFILM.COM – God Bless, legenda hidup grup band Indonesia, terlebih yang beraliran musik rock. Band yang dikomadoi oleh Ian Antono dan Ahmad Albar ini telah hadir dan berkarya di dunia industry musik Indonesia selama 43 tahun.

Patut diacungi ‘dua jempol’, mengingat angka tersebut terbilang fantastis untuk sebuah grup band. Saat ini, sebuah grup band, jangankan untuk bisa bertahan selama 43 tahun, bisa bertahan satu tahun saja sudah bagus.

Ahmad Albar vokalis grup band tersebut dengan rendah hati mengungkap resep grup band nya mampu bertahan lama di industry musik, yang terutama adalah menjaga keharmonisan yang terjalin di dalam grup.

“Ada beberapa faktor yang dapat menjaga eksistensi sebuah grup band mampu bertahan lama. Namun yang terpenting bagi kami di God Bless adalah saling menghormati saja antara personil.  Jangan sampai saling menyinggung perasan. Itu kuncinya untuk bisa bertahan 43 tahun,” ungkap Iyek, sapaan Ahmad Albar, ditemui di kawasan Gatot Subroto, Jakarta Selatan.

god-bless-album-pf

Hebatnya lagi, God Bless masih terbilang produktif berkarya.

“Masih (konser) terus, Minggu ini ke Kintamani, Bali. Lalu ada juga road show di Jakarta. Nanti dalam rangka rilis album juga ada di Jakarta, pertengahan Desember,” ujar vokalis dengan ciri khas  rambut kribonya itu.

Disamping faktor saling menghormati diantara personil, Ahmad Albar pun menyadari bahwa kesuksesan God Bless tak lepas pula dari peran para penggemarnya.

“Bersyukur kita diberi kesehatan masih bisa manggung dan berkarya. Terima kasih untuk para penggemar God Bless, karena tetap setia, terus mengikuti perkembangan musik kami,” ujar Ahmad Albar mengakhiri perbincangan.

God Bless didirikan berawal saat kembalinya Iyek, saapn akrab Ahmad Albar setelah beberapa tahun tinggal di Belanda dan ia berangan-angan membentuk band sendiri yang lebih serius. Ahmad Albar kembali dari Belanda bersama dengan Ludwig Lemas (gitaris Clover Leaf, band Iyek saat masih di Belanda)

god-bless-01

Iyek kemudian mengajak Fuad Hasan (drum) dan Donny Fatah (bass) untuk membentuk band, dengan nama Crazy Wheels sekitar tahun 1973, termasuk juga masuknya Jockie Surjoprajogo (keyboard). Band inilah yang menjadi ‘cikal bakal’ terbentuknya God Bless pada 5 Mei 1973.

Pada awal terbentuknya, God Bless bukanlah band yang memiliki lagu sendiri, mereka hanya band yang biasa membawakan lagu-lagu orang lain pada setiap penampilan mereka. Salah satu bukti nama besar God Bless adalah sewaktu dipilih sebagai band pembuka konser grup musik rock legendaris Depp Purple di Jakarta pada tahun 1975.

Pada tahun 1975 God Bless pun merilis album perdananya bertajuk ‘God Bless’. Uniknya grub band ini termasuk yang irit dalam megleuarkan album. Terbukti dari usianya yang telah 43 tahun God Bless baru membuat 6 Album. Dan rencanamya di tahun 2016 ini God Bless akan merilis album ke 7 nya,[]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *