Hanung Bramantyo Abaikan Satu Unsur Krusial Sinematografi dalam Kartini

Hanung Bramantyo-foto Lopinta-PF-07 2016-01

 

POSFILM.COM – Sutradara film Hanung Bramantyo tengah menggarap sebuah film biopik bertajuk “Kartini”. Namun, Hanung membuat pengakuan soal satu unsur penting yang diabaikannya kala penggarapan film tersebut. Apakah itu?

“Ada tiga unsur dalam membuat film. Tapi memang ada satu dasar dalam pembuatan film yang saya abaikan dalam penggarapan Kartini,” ungkap Hanung, dalam konferensi pers film tersebut, di Djakarta Theater XXI, Jakarta, Kamis (14/7/2016).

Tiga unsur yang dimaksud oleh Hanung dalam sebuah sinematografi yakni unsur waktu, unsur peristiwa serta unsur tempat.

“Waktu dan peristiwa insyaallah otentik. Saya abaikan otentisitas lokasi. Karena kalau ngomong Pendopo, pendopo di film ini bukan di Jepara,” imbuhnya.

Hanung menambahkan, hal ini dilakukannya karena kesulitannya mendapati Pendopo Jepara masih dalam keadaan otentik. Menurutnya, kini pendopo tersebut telah mengalami berbagai proses modernisasi.

Tak hanya itu, akses yang sulit demi menempuh ke daerah tersebut, membuatnya lebih memilih melakukan pengambilan gambar di kota Jogjakarta dan Jakarta.

Film Kartini sendiri tengah dalam proses produksi dan direncanakan resmi tayang pada bulan April 2017 mendatang.

Kartini Legacy Pictures ini dibintangi oleh Dian Sastrowardoyo, Ayushita, Reza Rahadian, Denny Sumargo, Nova Eliza, Christine Hakim serta Djenar Maesa Ayu.[]

 

Baca Juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *