Garap Film Pantja-Sila, Tyo Pakusadewo Jadi Bung Karno

tyo pakusadewo

POSFILM – Aktor senior Tyo Pakusadewo garap sebuah film dokumen drama istimewa tentang lahirnya dasar negara Republik Indonesia bertajuk “Pantja-Sila : Cita-cita & Realita”. Tak hanya menyutradai, Tyo pun turut memerankan karakter utama dalam film tersebut, Ir. Soekarno.

“Sudah sejak lama saya ingin berperan sebagai Bung Karno,” cerita Tyo Pakusadewo dalam jumpa pers film tersebut di Lobby Teater Jakarta, Taman Ismail Marzuki, Jakarta pada Kamis (2/6/2016).

Keinginan Tyo tersebut perlahan mulai menemukan titik terangnya kala takdir mempertemukannya dengan Tino Saroengallo, yang kemudian bertindak sebagai produser film tersebut.

 

Tio Pakusadeo-foto Lopinta-PF-06 2016

Ide awal pembuatan film ini sendiri mulai tampak ketika Tyo membaca sebuah buku bertajuk “Menjalankan Amanat Penderitaan Rakyat Jilid 1” yang dibelinya dari seorang teman seharga dua juta rupiah.

Rupanya, Tyo begitu menyukai buku tersebut dan berniat untuk memvisualisasikan bagian kecil buku itu –yang menunjukkan pidato 1 Juni 1945 milik Bung Karno– ke dalam film.

Tak dinyana, pertemuan demi pertemuannya dengan orang-orang yang bersedia membantunya, nyatanya makin mempermudah Tyo untuk mewujudkan keinginannya tersebut.

Meksi jalan yang ditempuh tidaklah mudah, akhirnya lahirlah film Pantja-Sila yang disturadarai serta dibintanginya ini.

Menurut rencana, film berdurasi 79 menit ini akan resmi dirilis di seluruh bioskop tanah air pada 17 Agustus 2016 mendatang.[]

 

 

Berita Terkait :

Perjuangan produser garap film dokudrama Pantja Sila

Film Pantja-Sila-ternyata lahir di sebuah kedai kopi

Cara Tyo Pakusadewo dalami peran Ir Soekarno

Ini alasan Teuku Rifnu Wikana main di film Pantja Sila-Cita-cita & Realita

 

PANTJA-SILA: Cita-Cita & Realita” (Official Teaser)

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *