Tiga Dara Sukses Lambungkan Nama Mieke Widjaja

Mieke Widjaya-3 Dara-Foto Lopinta-PF-08 2016

POSFILM.COM – Artis peran senior Mieke Widjaja menyambut baik kehadiran film Tiga Dara restorasi 4K. Sebab, menurutnya, film tersebut merupakan salah satu karyanya yang sukses melambungkan nama Mieke Widjaja di jagat hiburan tanah air pada masanya.

Film Tiga Dara (1 956) telah mengalami proses restorasi hingga kini berformat digital 4K. Film yang pernah sukses dan bertahan selama 8 pekan di bioskop 60 tahun yang lalu saat dirilis pertama kali itu pun kini kembali hadir dengan format terbaiknya demi membuat para penikmat film tanah air cinta kepada 3 perempuan yang menjadi judul film musikal ini.

Ketiga perempuan itu adalah Chitra Dewi, sebagai Nunung, anak pertama. Ada pula Mieke Widjaja, yang menjadi Nana, anak kedua. Dan terakhir ada Indriati Iskak sebagai Neni, anak bungsu. Dari ketiga perempuan ini, hanya Mieke Widjaja yang masih aktif di dunia seni peran sampai sekarang, meskipun akhir-akhir ini sudah mulai mengurangi kesibukan di layar kaca. Chitra Dewi sendiri sudah berpulang pada tahun 2008, dan Indriati Iskak mengundurkan diri dari dunia seni peran mulai tahun 1963 untuk berkarir di dunia branding consultancy and management sampai awal 1990-an.

“Film Tiga Dara ini film kelima saya,” kenang Mieke Widjaja, di sebuah kesempatan wawancara pekan lalu. “Waktu itu umur saya 16 tahun. Sekarang sudah 76 tahun. Alhamdulillah, masih diberi ingatan yang baik, sehingga waktu menonton Tiga Dara hasil restorasi ini, banyak kenangan lama yang muncul kembali. Apalagi hasil restorasinya bagus sekali ya, seperti menyaksikan film baru.”

Mieke Wdijaja

Imbuh Mieke, “Saya diberi kepercayaan sebagai satu-satunya Tiga Dara yang menyanyi dengan suara asli. Lagu Bimbang Tanpa Pegangan ciptaan almarhum Saiful Bahri itu, saya yang nyanyi. Rasanya waktu itu ya senang, bisa menyanyi dan menari, apalagi waktu itu saya belum banyak main film.”

Kecantikan dan kepiawaian Mieke Widjaja dalam berakting, terutama di Tiga Dara, terbukti melambungkan namanya. Setelah kesuksesan fenomenal Tiga Dara sebagai salah satu film terlaris di masanya, Mieke Widjaja tidak pernah berhenti berakting.

Sudah lebih dari 75 judul film dan ratusan episode sinetron dia mainkan selama lebih dari 60 tahun berkarir. Beberapa di antaranya dia mainkan bersama almarhum suaminya, aktor kenamaan Dicky Zulkarnaen, dan putri ketiganya yang juga terjun di dunia akting, yaitu Nia Zulkarnaen.

Puncak karir Mieke Widjaja terbukti saat dia meraih Piala Citra sebagai Pemeran Pembantu Wanita Terbaik tahun 1975 lewat film Ranjang Pengantin, lalu kembali mendulang Piala Citra sebagai Pemeran Utama Wanita Terbaik tahun 1981 lewat Kembang Semusim.

Selain itu, generasi 1980-an juga akrab mengenal Mieke Widjaja sebagai Ibu Broto, pemilik penginapan kecil di Yogyakarta dalam serial Losmen, drama seri paling populer di Indonesia pada era tersebut yang ditayangkan setiap minggunya di saluran TVRI.

Karir panjang Mieke Widjaja ini semuanya bermula dari popularitas salah satu film terbaik Indonesia, yaitu Tiga Dara, yang kembali bisa disaksikan di seluruh jaringan bioskop tanah air sejak 15 Agustus 2016.[]

Berita Terkait:

 

Tiga Dara | Official Trailer #TigaDara4K

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *