Film Pohon Terkenal Cerita Humanis di Balik Pendidikan Polisi

Launching Trailer dan poster film Pohon Terkenal (Foto: PF/ Didang)

POSFILM.COM Untuk mengenalkan kepada masyarakat tentang pendidikan  kepolisian mendorong Divisi Humas Kepolisian Republik Indonesia membuat film berjudul ‘Pohon Terkenal‘. Film ini dimaksudkan memberi gambaran tentang apa  dan bagaimana pendidikan di Akademi Kepolisian yang berlokasi di Semarang, Jawa Tengah.

Dipilihnya judul Pohon Terkenal menurut Kepala Divisi Humas Mabes Polri, Inspektur Jenderal Mohammad Iqbal karena istilah Pohon terkenal sangat akrab yang diberikan kepada taruna dan taruni yang berulah dan tidak taat peraturan.”Kami ingin memberikan gambaran yang lebih humanis, baik dan akrab dengan seluruh masyarakat Kalau saya dulu agak-agak aja nakalnya,”ujar Mohamad Iqbal dengan gayanya  yang santai jauh dari kesan galak.

Dalam penjelasannya kepada wartawan saat peluncuran trailer dan poster film Pohon Terkenal, di XXI Epicentrum, Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis, (21/2/2019),selama ini, kata Mohammad Iqbal, tahunnya polisi nangkap maling, penjual narkoba, dan petugas lalu lintas.”Kami ingin menunjukkan proses seseorang menjadi perwira polisi di Akpol. Mulai seleksi rekrutmen yang bersih sampai selesai pendidikan,” lanjut Mohammad Iqbal.

Seperti dunia pendidikan lainnya, di Akpol juga ada yang selalu membuat masalah  telat apel atau ngantuk saat pendidikan.” Jadi, tanpa disebutkan namanya, kalau peserta apel kurang satu, pasti semua sudah tahu siapa yang belum datang. Istilah Betawinya ‘lu lagi, lu lagi’,”tambah  Iqbal.

Iqbal optimistis film ini akan diterima di hati para pecinta film, khususnya oleh masyarakat yang hendak alumni Akpol. “Ini film pertama yang bercerita tentang Akpol. Kalau misalnya semua lulusan Akpol nonton, Lalu mereka akan ajak anak, istri, dan temannya past film ini akan box office,” tutur Iqbal.

Film yang dibintangi oleh Umay Shahab dan Laura Theux bercerita tentang kehidupan remaja milenial yang terpilih menjadi taruna taruni Akademi Kepolisian. Itu sebabnya dalam flm ini  sarat dengan pesan pembinaan karakter yang pantang menyerah serta kisah persahabatan, cinta, pengorbanan, kenakalan remaja, dan tentu saja aksi komedi

“Saya senang banget untuk jadi Bara di film ini. Ini film pertamanya akademi kepolisian, saya bersyukur awalnya saya enggak menyangka berperan dalam film ini,” kata Umay yang berperan sebagai Bara.

Bara adalah salah satu tokoh sentral dalam film ini. Selama menjalani syuting, Umay mengaku kagum pada kehidupan taruna dan taruni di Akpol. “Mereka sangat disiplin. Itu pelajaran yang saya ambil. Dan mereka sangat bangga menjadi seorang taruna. Saya tanya para taruna dan taruni di sana bahwa masuk Akpol itu gratis,” ujar Umay.

Film Pohon Terkenal yang disutradarai oleh Monty Tiwa ini akan mulai tayang serentak di seluruh bioskop Tanah Air pada 21 Maret 2019. [PF/ Didang P. Sasmita]

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *