Film ‘Panji Tengkorak’ (2016) Siap Ramaikan Film Nasional

panji-tengkorak-2016-pf

POSFILM.COM – Film ‘Panji Tengkorak’ (2016) adalah film aksi laga yang disutradarai oleh Upi Avianto sekaligus juga menulis naskah filmnya.

Film ini diadaptasi dari komik silat populer era tahun 1960-an yang diciptakan oleh komikus Indonesia bernama Hans Jaladara atau biasa ditulis ‘Hans’. Komik ini pertama kali terbit tahun 1968 dalam lima serial, yakni Pandji Tengkorak, Dewi Bunga, Alas Purba, Duel di Atas Darah dan Karang, serta Pulau Tiga Iblis.

Karena begitu populernya, komik ini dicetak ulang pada tahun 1985, dan pada tahun 1996 terbit versi manga gaya khas komik Jepang.

pandji-tengkorak-1971-poster-film
Poster film ‘Pandji Tengkorak’ (1971)

‘Panji Tengkorak’ pernah dibuat versi layar lebarnya pada tahun 1971 dengan judul ‘Pandji Tengkorak’, disutradarai oleh A Harris dan dibintangi oelh Deddy Sutomo (sebagai Pandji Tengkorak), Maruli Sitompul, Lenny Marlina, Rita Zahara, dan Shan Kuang Ling Fung.

kemudian ‘Panji Tengkorak vs Jaka Umbaran’ (1983), dan ‘Panji Tengkorak’ (serial Televisi, 1996).

Film ‘Panji Tengkorak’ (2016) tentu saja dibuat dalam kemasan yang lebih bagus dan menarik serta lebih modern sesuai dengan perkembangan teknologi perfilman saat ini.

Belum ada bocoran para pemeran utama dan simopsis film ‘Panji Tengkorak’ (2016). Sosok Panji akan dibuat seperti tokoh asli dalam komiknya, yakni pria yang penuh pesona, misterius, pandai berkelahi, terkesan kejam namun baik hati. Sesuai dengan komiknya, sinopsisnya kurang lebih dapat disimak berikut ini.

Sinopsis

‘Film ‘Panji Tengkorak’ (2016) ceritanya berlatar nusantara di zama perguruan-perguruan silat ternama saling beradu ilmu dan berebut pengaruh dan kekuasaan, fokus ceritanya pada seorang pemuda jago silat bernama Panji,

Panji adalah murid satu-satunya Naga Mas, seorang jagoan silat ternama aliran ilmu hitam. Panji memiliki rekan petualangan yakni walet merah. Panji mencintai seorang gadis lemah lembut bernama Mariani. Namun perasaan cinta Panji membawanya kepada masa lalu dan asal usulnya yang sangat kelam.

Film ini akan menceritakan tentang petualangan hidup Panji sebagai pendekar silat hebat, dan hubungan cinta tragis Panji pada Mariani.

Diceritakan bahwa Panji berkelana mencari pembunuh Murni, istrinya dan satu-satunya cintanya di tangan seorang pendekar asing misterius yang mencari kitab ilmu hitam warisan almarhum gurunya. Dalam pengembaraannya, Panji menyamar sebagai seorang pengemis dan mengunakan sebuah topeng yang menyeramkan, sehingga di dunia persilatan dirinya dikenal sebagai ‘Panji Tengkorak’ atau juga ‘Pengemis (iblis) dari Kidul (selatan)’.

Aliran ilmu silat yang didalami Panji dari gurunya adalah ilmu silat beracun yang tergolong ilmu hitam dan sesat. Dan, Panji sendiri pun dikenal sebagai pendekar yang tak segan mencabut nyawa musuhnya. Panji mengembara dengan selalu membawa sebuah tongkat pengemis yang menyembuyikan sebilah pedang panjang di dalamnya.

pandji-tengkorak-1968-cover-komik
Gambar sampul komik ‘Pandji Tengkorak’ (1968)

Sebagaimana layaknya pendekar, dalam pengembaraannya, Panji banyak bertemu dengan wanita yang tertarik padanya. Para wanita ini jatuh hati kepada Panji begitu mereka melihat wajah asli Panji yang tampan di balik topeng seramnya.

Namun, tidak semua wanita yang jatuh hati pada Panji berniat baik. Hanya ada satu gadis yang disukai Panji, yakni Mariani, gadis desa yang tidak terlalu cantik namun berhati baik dan lemah lembut. Namun, cinta Panji dan Mariani menjadi sebuah pemicu yang kelak akan membawa Panji berhadapan dengan asal usul dan masa lalunya yang ternyata lebih kelam dari yang dia ketahui.

Rasanya sudah tak sabar ingin segera bisa menyaksikan ‘Panji Tengkorak’ (2016). Siapa yang memerankan ‘Panji Tengkorak’ dan siapa sebagai Mariani? Seperti apa adegan-adegan laganya?

Pencinta film Nasional dan khususnya pecinta komik silat nasional, masih harus bersabar kapan film yang diadaptasi dari komik silat legendaris ini akan dirilis.[]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *