Film Indonesia “Senyap” (The Look of Silence) Berpeluang Raih Piala Oscar Kategori Best Documentary Feature

OSCAR-2016-The Look of Silence-Senyap-pf-01

POSFILM.COM – Film “Senyap” atau di terjemahkan judul film internationalnya menjadi “The Look of Silence”, adalah sebuah film dokumenter berkisah tentang di balik tragedi kemanusiaan di Indonesia tahun 1965, karya Joshua Oppenheimer masuk nominasi Oscar untuk kategori Best Documentary Feature Academy Award2016 atau Oscar ke-88.

Ini merupakan nominasi Oscar yang kedua bagi Oppenheimer. Sebelumnya, ia mendapat nominasi untuk film dokumenter berjudul “The Act of Killing” (Jagal), pada Oscar ke-86, 2014.

Film kedua Joshua Oppenheimer, sineas asal Amerika Serikat itu masih mengangkat tema dalam film tersebut masalah kisah paska peristiwa tragedi Gerakan 30 September (G-30S PKI) di tahun 1965.

“The Look of Silence (Senyap)”, dirilis pertama kali pada Desember 2014. Film ini menyoroti perjalanan Adi Rukun, seorang pria yang keluarganya dituduh anggota PKI. Kakak kandungnya menjadi korban pembantaian peristiwa di tahun 1965. Adi memutuskan untuk mencari tahu siapa pembunuhnya, orang orang yang bertanggungjawab atas pembunuhan kakak kandungnya yang menjadi korban pembantaian massal tahun 1965 di Sumatera Utara

“The Look of Silence (Senyap)” , juga sudah berhasil meraih beberapa penghargaan di berbagai festival film dunia. Diantaranya, di Berlin International Film Festival dan Busan International Film Festival.

“The Look of Silence (Senyap)”, untuk bisa meraih gelar sebagai film Dokumenter Panjang Terbaik, akan bersaing ketat dengan film dokumenter “Amy” karya sutradara Asif Kapadia yang mengangkat kisah mendiang vokalis dunia Amy Winehouse. Tiga film lain yang juga masuk kategori tersebut adalah “Cartel Land”, karya sutradara Matthew Heineman, “What Happened, Miss Simone?”, karya Liz Garbus, dan “Winter on Fire: Ukraine’s Fight for Freedom”, karya Evgeny Afineevsky.

Berbeda dengan “The Act of Killing (Jagal)” yang memang melibatkan sineas Indonesia, untuk film “The Look of Silence (Senyap)” , Oppenheimer bekerja sama langsung dengan rumah produksi Indonesia.

Seluruh nominasi yang masuk ajang ini telah diumumkan di Samuel Goldwyn Theater di Beverly Hills, Kamis (14/1/2016). Sedangkan malam puncak pengumuman pemenangnya akan diadakan pada 28 Februari 2016 di Los Angeles. [Wyn GoLand]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *