Film Bisa Menjadi Media Daya Tahan Terhadap Integritas Bangsa

Kepala Pusbang Perfilman, Maman Wijaya

POSFILM.COM Karyawan Film dan Televisi kerja bareng Pusat Pengembangan Perfilman menggelar Seminar Nasional bertajuk Film Nasional Sebagai Unsur Ketahanan Budaya Bangsa.

Seminar film dan budaya dibuka oleh Direktur Pusat Pengembangan Perfilman, (Pusbang Film) Kemendikbud Maman Wijaya dan menghadirkan pembicara utama cendikia Mohamad Sobary itu di gelar di Cinema Hall, Pusat Perfilman Haji Usmar Ismail, Kuningan, Jakarta, Rabu (24/10/2018).

Maman Wijaya dalam sambutannya, perlunya digelar secara berkala seminar atau dialog  agar budaya Indonesia menjadi tema secara berkesinambungan di layar -layar film.

”Dengan kehadiran nara sumber sekelas Kang Sobary, bisa memberikan wawasan baru apa dan bagaimana sebaik film dan budaya.  Dan, dengan begitu film Indonesia makin mengakar pada budaya Indonesia,” kata Maman Wijaya.

Di bagian lain, Mohamad Sobary, mengatakan dalam paparannya, budaya sebagaimana fungsinya sebagai penguat ketahanan nasional. Dan Film Nasional diharapkan mampu berperan sebagai media daya tangkal bagi segala bentuk ancaman, gangguan, hambatan, dan tantangan terhadap identitas, integritas, eksistensi bangsa, dan negara Indonesia dalam konteks ideologi, politik, ekonomi, sosial budaya, dan pertahanan keamanan.

“Film Nasional sangat efektif bagi fungsi pengembangan potensi kekuatan bangsa dalam bidang ideologi, politik, ekonomi, sosial budaya, dan pertahanan keamanan demi terwujudnya kesejahteraan rakyat. Film Nasional juga diharapkan dapat menyatukan pola pikir, pola tindak, dan cara kerja masyarakat Indonesia yang majemuk menjadi lebih terarah dalam upaya mencapai tujuan nasional mewujudkan masyarakat adil, makmur dan bermartabat berazaskan Pancasila,” demikian Kang Sobary mengatakan. [PF/ Didang P. Sasmita]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *