Film 3 Srikandi, Indonesia Banyak Memiliki Pahlawan Olahraga

3 Srikandi-HL-PF-2016 05

POSFILM.COM – Adalah  Nurfitriyana S. Lantang, Lilies Handayani dan Kusuma Wardhani, 3 Srikandi Indonesia dari cabang olahraga panahan. Dan, Olimpiade Seoul tahun 1988 adalah momen bersejarah bagi 3 Srikandi ini yang otomatis bagi Indonesia. Karena pada olimpiade di negeri ginseng ini Indonesia berhasil membawa pulang medali pertama walaupun hanya medali perak dari cabang panahan.

Pada olimpiade ke-24 yang digelar di Seoul pada 17 September – 2 Oktober 1988 itu, ketiga srikadi Indonesia berhasil mengalahkan tim panahan Amerika Serikat dan melahirkan legenda sembilan anak panah. Dengan keberhasilan tersebut Indonesia berhasil keluar sebagai juara ke 2 dan berhak atas medali perak. Kabar keberhasilan 3 srikandi panahan Indonesia yang mengharumkan nama bangsa sampai ke tanah air dan mereka disambut bak seorang pahlawan.

 

3 SRIKANDI

Keberhasilan 3 srikandi Indonesia selain mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional ternyata juga menjadi penyemangat dan berhasil mengilhami atlit-atlit lain untuk lebih keras berjuang mendapatkan medali.

Buktinya, pada olimpiade berikutnya tahun 1992 di Athena Indonesia berhasil meraih medali emas lewat tangan Susi Susanti dan Alan Budikusuma, dan tradisi menyabet medali terus berlanjut pada setiap olimpiade

Namun, sebelum Susi Susanti, Alan Budikusuma dan pasangan ganda putra Ricky Subagja/Rexy Mainaki merasakan kemegahan podium utama dan dikalungkan medali di olimpiade, adalah 3 srikandi Indonesia yaitu Nurfitriyana S. Lantang, Lilies Handayani dan Kusuma Wardhani yang pertama kali berhasil memboyong medali pertama untuk Indonesia di ajang olahraga dunia tersebut.

Film 3 Srikandi diproduksi oleh Multivision Plus Pictures, dengan sutradara Iman Brotoseno, dan skenarionya ditulis Swastika Nohara yang menulis Cahaya Dari Timur: Beta Maluku. Selain BCL, Tara Basro, dan Chelsea Islan, 3 Srikandi juga dibintangi Reza Rahadian.

Film ini sangat layak dibuat, menghargai jasa-jasa para atlet kita yang telah berjuang, bekerja keras untuk mengharumkan nama Indonesia melalui event olahraga dunia. Ke depannya, berharap film 3 Srikandi tidak saja dapat mengilhami para atlet panahan ataupun atlet-atlet cabang olahraga lainnya saat ini yang terasa prestasinya makin mengendur.  Namun juga dapat menginspirasi produser-produser film lainnya untuk membuat film sejenis dengan cabang olahraga lainnya. Mengingat masih banyak atlet-atlet Indonesia yang pernah berjasa mengharumkan negeri ini.[]

 

Baca Juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *